Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Rajungan Agar Sukses Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Rajungan Agar Sukses Bagi Pemula – Rajungan yakni nama sekelompok kepiting dari marga anggota suku Portunidae. jenis kepiting rajungan ini sanggup berenang dan sepenuhnya hidup di laut. Ada banyak sekali jenis kepiting rajungan diantaranya: rajungan biasa (Portunus pelagicus), rajungan bintang (Portunus sanguinolentus), rajungan karang (Charybdis feriatus), rajungan angin (Podophthalmus vigil), rajungan hijau(Thalamita crenata, Thalamita danae), rajungan batik (Charybdis natator) dan lain sebagainya.


Klasifikasi ilmiah Rajungan

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Subfilum: Crustacea

Kelas: Malacostraca

Ordo: Decapoda

Infraordo: Brachyura

Superfamili: Portunoidea

Famili: Portunidae

Marga:

Portunus

Charybdis

Thalamita

Podophthalmus


Kepiting rajungan ini sanggup ditemui di sepanjang pantai Samudra Pasifik sampai Samudra Hindia ataupun daerah pantai di Timur Tengah. Berikut cara budidaya rajungan:


Cara Budidaya Kepiting Rajungan


Pemilihan Tempat Budidaya Rajungan


Pilihlah tempat budidaya yang sesuai dan baik untuk perkembangan rajungan, pilih daerah yang mempunyai air payau ibarat pantai, laguna dan lain sebagainya. Selain itu, pertimbangkan pula kedalaman air dimana rajungan tersebut akan dikembang biakan dan jauh dekatnya lokasi dengan saluran pembeli maupun pemilik budidaya rajungan tersebut.


Pemilihan Bibit Indukan Rajungan


Rajungan yang akan dijadikan bibit indukan, perlu dipilih yang berkualitas anggun dengan ciri-ciri mempunyai badan yang bersih, tidak beraroma busuk dan bentuk fisiknya tidak cacat. Karena kualitas bibit indukan akan mempengaruhi akibatnya juga.


Persiapan Kolam Pembesaran Rajungan


Jika sudah siap semua, selanjutnya buatlah kolam pembesaran. Kolam tersebut sanggup berupa keramba maupun jaring yang dipasang di daerah pantai. Tapi disarankan gunakan kolam tambah alasannya yakni lebih nyaman untuk kolam pembesaran. Ukuran kolam tambak sanggup dibentuk dengan ukuran 50 x 100 meter, dengan ukuran tersebut kolam sanggup menampung sampai 10 ribu ekor kepiting rajungan.


Pemberian Pakan Pada Rajungan


Pakan yang diberikan pada kepiting rajungan yaitu berupaikan rucah yaitu ikan yang sudah dikeringkan dan berukuran kecil-kecil. Pemberian pakan tersebut tidak perlu dilakukan setiap hari, proteksi pakan tersebut sanggup dilakukan setiap 5 hari atau 7 hari sekali.


Perhatikan Kualitas Air Kolam


Kepiting rajungan sanggup tinggal dimana saja alasannya yakni ini termasuk jenis binatang bahari yang gampang pelihara. Untuk itu bagaimanapun air dalam kolam pembesaran kepiting rajungan.


Tapi jikalau kalian ingin mempunyai keiting rajungan yang berkualitas, maka kondisi dan kualitas air pada kolam tambak rajungan ini petlu diperhatikan.


Cara Pemanenan Kepiting Rajungan


Jika kalian memelihara kepiting dengan pagar bambu, untuk proses pemanenan sanggup kalian lakukan dengan membuang air pada kolam tambak sampai setinggi 30 cm. Jangan menangkaplah kepiting dengan memakai tongkat bambu alasannya yakni cara ini mempunyai resiko terlalu tinggi. Disarankan pemanenan dilakukan dengan memakai jaring.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Rajungan Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Rajungan Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel