Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah – Bunga matahari (Helianthus annuus ) ialah tumbuhan bunga semusim dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran, Bunga ini berasal dari Meksiko. Bunga matahari mempunyai ukuran yang besar berwarna kuning terperinci dengan diameter sanggup mencapai sampai 30 centimeter, mempunyai batang yang banyak ditumbuhi rambut kasar, jarang bercabang, tegak serta tingginya berkisar antara 3 meter sampai 5 meter tergantung pada varietas bunga matahari tersebut. Bunga matahari mempunyai sikap yang khas yaitu heliotropisme atau bunga selalu condong mengarah ke matahari.


Klasifikasi Bunga Matahari

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Subfamili: Helianthoideae

Bangsa: Heliantheae

Genus: Helianthus


Banyak orang yang menanam bunga matahari dengan tujuan yang berbeda-beda yaitu hanya untuk sekedar sebagai tumbuhan hias, untuk pakan ternak, untuk memproduksi kuaci, ataupun untuk memproduksi minyak. Menanam bunga matahari sanggup dilakukan eksklusif di tanah atau memakai pot/polybag tanam. Bagi kalian yang ingin menanam atau budidaya matahari, berikut ialah cara menanam bunga matahari dalam pot:


Cara Menanam Bunga Matahari di Pot


Persiapan Bibit Bunga Matahari


Sebelum melaksanakan penyemaian pilih terlebih dahulu jenis atau varietas bunga matahari yang akan ditanam. Jika sudah memilih jenis benih bunga matahari yang ditanam, selanjutnya siapkan media semai yang akan dipakai yaitu berupa cempuran tanah gembur dengan pupuk kandang, sehabis itu masukkan dalam daerah semai berupa polybag atau yang lainnya.


Biji bunga matahari berbentuk lingkaran telur pipih dengan bab bawah membulat dan bab atas meruncing. semai biji benih bunga matahari pada media semai, biji benih bab runcing di letakkan pada bab bawah, kemudian tekan benih pada media semai sampai hanya sedikit dari bab tumpul atau yang membulat terlihat.


Setelah melaksanakan persemaian, lakukan penyiraman dengan sistem semprot alasannya kalau media semai tergenang maka akan menjadikan benih membusuk. Benih akan berkecambah pada hari ke 3-4 sehabis penyemaian dengan ditandai dengan kulit biji terangkat dan sudah muncul akar. Pada hari ke 7-10 bibit sudah mulai berdaun 2-3 helai dan tingginya sudah sekitar 5- 7 cm.


Cara Menanam Bunga Matahari Dalam Pot


Siapkan pot atau polybag tanam yang mempunyai drainase yang baik. Selanjutnya, isi pot atau polybag tanam dengan media tanam yang sama dengan media semai yaitu campurantanah yang gembur dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1. Tanam bibit bunga matahari dalam media tanam.


Perawatan Bunga Matahari Dalam Pot


Lakukan penyiraman 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Tapi semakin tinggi tumbuhan maka volume penyiraman sanggup dikurangi.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk sangkar dan pupuk NPK dengan takaran 25-30 gram per tumbuhan kalau sudah berumur 1-2 bulan. Atau sanggup juga dengan ZA dengan takaran 25 gr/tanaman (pada umur 1 bulan) atau juga sanggup memakai TSP (pada dikala tumbuhan berumur 1,5 bulan).


Bunga matahari akan mulai berbunga pada umur sekitar 3 bulan, Pada 1 batang tumbuhan sanggup menghasilkan bunga sekitar 10 sampai 12 bunga.  Jika tinggi tumbuhan sudah mencapai 1 meter, beri tumbuhan ajir atau penopang tumbuhan berupa batang bambu.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Pot Untuk Tanaman Hias Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel