Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur – Heliconia atau bunga pisang-pisangan ialah salah satu jenis tumbuhan hias tropis. Bunga Heliconia ini juga sering disebut dengan pisang hias. Bunga pisang-pisangan termasuk dalam golongan Musaceae dan termasuk dalam keluarga Heliconiaceae yang menyerupai dengan famili Strelitzia berasal dari Amerika Latin, tapi Heliconia mempunyai tiga buah atau lebih seludang sedangkan Strelitza hanya dua buah.. Dari penampilan fisiknya Heliconia Densiflora sering kali disamakan dengan Bunga Bird of Paradise dari family Strelitziaceae.


Klasifikasi Bunga Pisang-Pisangan

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberals

Famili: Musaceae

Genus: Musa

Spesies: Musa paradise


Berdasarkan rangkaian bunganya, terdapat 2 jenis bunga pisang-pisangan atau bunga heliconia yaitu Heliconia Densiflora dan Heliconia Rostrata.


Heliconia Densiflora ialah bunga pisang-pisangan mempunyai bentuk bunga tegak menyerupai cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan. Sedangkan Heliconia Rostrata ialah bunga pisang-pisangan yang mempunyai bunga berwarna merah dan kuning dan muncul menggantung menyerupai buah pisang. Bunga pisang hias ini banyak dimanfaatkan sebagai tumbuhan penghias tanam dan sebagai tumbuhan tambahan rangkaian bunga.


Karena bentuk bunganya yang unik, tumbuhan ini banyak ditanam sebagai tumbuhan hias di pekarangan baik ditanam dalam pot atau di tanah langsung. Berikut cara menanam dan merawat bunga pisang-pisangan:


Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan


Syarat Tumbuh Bunga Pisang-Pisangan


Bunga heliconia atau bunga pisang hias ini sanggup tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan suhu sekitar 13°C hingga 30°C. Karena bunga ini merupakan tumbuhan tropis, Heliconia gampang tumbuh apabila eksklusif terkena sinar matahari.


Cara Pembibitan Bunga Pisang-Pisangan


Pembibitan atau perbanyakan bunga pisang-pisangan sanggup dilakukan dengan cara memisahkan tunas atau anakan dari tumbuhan induk. Pemisahan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati jangan hingga merusak perakarannya. Setelah dipisahkan, bibit bunga pisang-pisangan ini sanggup ditanam eksklusif atau letakkan bibit pada daerah yang berair atau lembab kalau tidak eksklusif ditanam.


Cara Menanam Bunga Pisang-Pisangan


Sebelum penanaman dilakukan, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa adonan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.


Jika sudah siap semua, lakukan penanaman segera. Tanam bibit pada media tanam fan pastikan seluruh akar tertutup media tanam hingga 5 cm di atas pangkal batang.


Cara Merawat Bunga Pisang-Pisangan


Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga pisang-pisangan ini yaitu penyiraman, penyiangan dan pemupukan saja. Penyiraman sanggup dilakukan secara teratur apabila media tanamnya sudah terlihat kering. Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman. Bersamaan dengan penyiangan ini, lakukan pula pemupukan. Pemupukan ini dilakukan secara teratur setiap sebulan sekali sehabis tumbuhan berumur diatas 1 bulan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Pisang-Pisangan atau Heliconia Di Rumah Bagi Pemula Agar Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel