Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula – Kol banda merupakan salah satu jenis tumbuhan hias berbentuk pohon yang mempunyai daun lebar dan berwarna hijau pucat sampai putih. Nama ilmiah bunga kol belanda ialah Pisonia alba Spanoghe. Bunga kol banda diduga berasal dari Kepulauan Maluku.


Klasifikasi Kol Banda

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Caryophyllales

Famili: Nyctaginaceae

Genus: Pisonia

Spesies: P. alba


Batang pohon kol banda halus berwarna cerah dan sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 m. Daun bunga kol banda tipis berwarna hijau muda jelas sampai kuning pucat dengan bentuk bundar telur dengan ujung runcing dan pangkal tumpul. Tumbuhan ini jarang terlihat berbunga. Bunga jantannya berwarna putih atau putih kehijauan dengan panjang sekitar 6 mm dan bunga betina berukuran lebih kecil. Buah bunga kol banda ini memanjang, berbentuk dadu bersudut lima dengan panjang mencapai 2 cm.


Tanaman hias daun kol banda ini, selain dijadikan sebagai tumbuhan hias, daun muda kol banda sanggup dijadikan sebagai lalapan dan rasanya ibarat lobak. Dikatakan bahwa daun kol banda ini berguna sebagai obat.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda


Cara Pembibitan Bunga Kol Banda


Pembibitan atau perbanyakan bunga kol banda ini sanggup dilakukan dengan cara cangkok atau stek batang. Pilih batang yang bagus, berkayu besar lengan berkuasa , berukuran pas dan tidak terjangkit hama daan penyakit dari tumbuhan induk. Lalu lakukan pembibitan dengan cara stek atau cangkok.


Cara Menanam Bunga Kol Banda


Sebelum melaksanakan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan ialah berupa tanah, pasir dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1, kemudian ketiga materi tersebut dicampur sampai merata.


Jika sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit bunga kol banda sedalam 20-30 cm supaya perakaran tumbuhan besar lengan berkuasa dan tidak gampang roboh kemudian timbun kembali dan padatkan media tanam disekitar bibit supaya bibit semakin kuat.


Cara Merawat Bunga Kol Banda


Lakukan penyiraman jikalau dibutuhkan saja ialah dikala tumbuhan mulai terlihat layu dan kering. Lakukan pula pemangkasan dan perampakan dan juga penyiangan jikalau diperlukan. Selain itu, lakukan pemupukan secara bersiklus setiap dua bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel