Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula  – Mangkokan atau daun mangkokan (Polyscias scutellaria ) ialah salah satu tumbuhan hias pekarangan dan juga tumbuhan obat yang relatif terkenal di Indonesia. Tanaman ini merupakan tumbuhan semak yang banyak tumbuh di tempat tropika dan berasal dari Pasifik Barat Daya. Tanaman bunga daun mangkokan ini sanggup tumbuh sampai ketinggian 6 meter. Pemberian nama mangkokan ini, mengacu pada bentuk daun tumbuhan ini yang melengkung ibarat mangkok. Manfaat daun dan akar bunga mangkokan ini yaitu sanggup dijadikan sebagai peluruh, antiseptik dan deodoran.


Klasifikasi Daun Mangkokan

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Apiales

Famili: Araliaceae

Genus: Polyscias

Spesies: Polyscias scutellaria


Karena keunikan bentuk daun dan mempunyai banyak sekali manfaat, banyak orang yang menanam bunga mangkokan ini di pekarangan mereka alasannya ialah bunga berpohon kayu ini tidak terlalu besar dan gampang tumbuh diberbagai jenis tanah. Berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan


Cara Pembibitan Bunga Mangkokan


Karena tumbuhan hias daun ini merupakan tumbuhan berbatang kayu, maka pembibitan atau perbanyakannya sanggup dilakukan dengan cara stek batang atau cangkok. Pilih batang tumbuhan yang mempunyai kayu yang baik. Usahakan ambil batang penggalan tengah, jangan yang pangkal atau pucuk. Kemudian, kerat dan buang kulit serta lendirnya. Bungkus dengan tanah yang di ikat dengan tali rafia. Lakukan perawatan dengan baik dan lakukan penyiraman sampai batang cangkok tumbuh akar dengan baik. Jika sudah tumbuh akar yang lebat maka lakukan pemangkasan.


Cara Menanam Bunga Mangkokan


Siapkan terlebih dulu media tanam sebelum melaksanakan penanaman bunga mangkokan ini. Media tanam yang perlu disiapkan sanggup berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.


Jika sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit dengan arah tegak ke atas pada media tanam yang sudah disiapkan tadi. Penanaman sebaiknya dilakukan sedalam 10-20 cm biar nanti akarnya sanggup tumbuh berpengaruh menahan berat tanaman. Jika sudah final melaksanakan penanaman, lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah dan biar tumbuhan tidak layu.


Cara Merawat Bunga Mangkokan


Karena bunga mangkokan sanggup bertahan dalam kondisi kering, jadi penyiraman sanggup dilakukan ketika tumbuhan terlihat kering dan membutuhkan air. Selain itu, lakukan juga pemupukan sembari melaksanakan penyiangan dan perampalan pada batang dan daun bunga mangkokan secara rutin yaitu setiap 1,5-2 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Mangkokan Agar Tumbuh Subur Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel