Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias Bagi Pemula – Sirih Gading atau Sri Gading atau Sirih Belanda (Epipremnum aureum) ialah salah satu tumbuhan hias yang terkenal dijadikan tumbuhan hias ruangan ataupun tumbuhan hias pekarangan. Tanaman sirih gading ini merupakan tumbuhan merambat semi epifit anggota suku talas-talasan (Araceae). Tanaman sirih gading sanggup dengan gampang dikenali dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah sampai kuning pucat, merambat pada tumbuhan atau batang pohon dengan ukuran daun besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatinya. Jika ditanam dalam pot, daun sirih gading akan berukuran kecil. Potongan cabangn sirih gading sanggup bertahan hidup cukup usang jikalau bab pangkalnya dicelupkan ke air.


Klasifikasi Sirih Gading

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Alismatales

Famili: Araceae

Genus: Epipremnum

Spesies: E. aureum


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading


Persiapan Bibit Sirih Gading


Tanaman sirih gading sanggup diperbanyak dengan cara stek batang. Cara stek sirih gading yaitu potong batang sirih gading yang sudah berakar sepanjang 15 cm.


Cara Menanam Sirih Gading


Tanaman sirih gading sanggup ditanam di tanah maupun di air. Berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Sirih Gading Di Pot


Pertama, buatlah media tanam berupa adonan tanah yang subur dan pupuk organik atau pupuk kandang. Media tanam tersebut bertujuan untuk menambah nutrisi dan hara tanah biar pertumbuhan tumbuhan sirih gading baik. Pot tanam yang dipakai sanggup diadaptasi dengan bibit sirih gading yang akan di tanam.


Bibit yang akan ditanam diusahakan mempunyai penggalan batang yang agak jauh dari pucuk, kira-kira sekitar 10 cm. Saat penanaman usahakan arahnya tidak terbalik.


Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air


Untuk menanam sirih gading dalam air sangat mudah, potong bab batang yang sudah berakar sepanjang 15 cm. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi air. Air yang baik dipakai sebaiknya air sumur yang mengandung mineral orisinil dari tanah.


Cara Merawat Tanaman Sirih Gading


Merawat tumbuhan sirih gading sangat gampang yaitu dengan menjaga kelembapan tanah dengan melaksanakan penyiraman secara rutin. Apabila tumbuhan sirih gading ditanam dalam air , pastikan ganti air secara rutin setiap seminggu sekali. Tanaman ini hampir tidak membutuhkan pupuk tambahan, cukup dengan kompos atau air yang mengandung mineral dan nitrat ibarat akuarium.


Perlu diwaspadai, berdasarkan penelitian sirih gading mengandung racun dan sangat berbahaya bagi binatang peliharaan. Termasuk racun bagi kucing dan anjing dengan tanda-tanda berupa iritasi oral, muntah, dan kesulitan menelan. Namun juga perlu diketahui bahwa tumbuhan sirih gading juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat sirih gading bagi kesehatan yaitu sanggup menghilangkan polutan dalam ruangan ibarat senyawa formaldehida, xilena, dan benzena. Efek ini sanggup mengurangi berat molekul zat pencemar dalam ruangan, sangat cocok untuk ruangan perokok.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Sirih Gading Di Pot Atau Air Sebagai Tanaman Hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel