Panduan Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga

Panduan Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga – Lavender atau Lavendel, Lavandula merupakan genus tumbuhan berbunga yang berasal dari suku Lamiceae yang mempunyai sekitar 25-30 species. Tanaman lavender ini berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India.


Klasifikasi Bunga Lavender

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Lamiales

Famili: Lamiaceae

Genus: Lavandula


Ciri khas bunga lavender ini adalah bunganya yang berwarna ungu. Biasanya bunga ini dijadikan sebagai tumbuhan hias baik dalam ruangan maupun dipekarangan. Manfaat bunga lavender yang populer adalah sanggup mengusir nyamuk alasannya wangi harum yang dimilikinya. Berikut cara menanam bunga lavender dalam pot:


Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot


Persiapan Bibit Bunga Lavender


Bibit bunga lavender sanggup diperoleh melalui biji ataupun stek batang.


Pembibitan bunga lavender melalui Biji


Biji benih lavender yang telah disiapkan, selanjutnya semai terlebih dahulu. Media semai yang dipakai sanggup berupa adonan tanah dengan pupuk kompos dan sekam padi. Selain dengan media semai itu, sanggup pula memakai media semai berupa kompos dari akar pakis.


Pembibitan bunga lavender melalui stek batang


Pilih batang tumbuhan lavender yang telah berumur cukup renta dipotong, sesudah itu sanggup pribadi ditanam di tanah. Awal penanaman dengan stek batang ini memang batang akan terlihat rontok dan layu namun tak usang akan muncul tunas gres dari buku-buku batang.


Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot


Jika semuanya sudah siap dan tunas bunga lavender telah tumbuh dengan ketinggian sekitar 5 cm, maka sanggup dilakukan penanaman segera. Pindah tanamkan bibit bunga lavender ke dalam pot yang berukuran cukup besar semoga nantinya tidak repot lagi untuk memindahkan ke pot lain.


Cara Merawat Bunga Lavender


Setelah melaksanakan penanaman maka perlu dilakukan perawatan semoga bunga lavender sanggup tumbuh dengan baik. Berikut cara merawat tumbuhan bunga lavender:


Pemangkasan

Agar mendapat semak yang sehat dan besar lengan berkuasa maka perlu dilakukan pemangkasan pada tumbuhan bunga lavender. Pemangkasan ini dilakukan pada ketika tumbuhan bungqa lavender masih muda. Kuncup bunga pada tahun pertama dipotong semoga mendapat semak dengan ukuran besar dengan paju yang berlimpah pada animo berikutnya.


Pemupukan

Pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik ibarat pupuk sangkar atau sanggup juga pupuk kompos. Pemberian pupuk tersebut dilakukan minimal sebanyak 2 ahad sekali. Sebenarnya penggunaan pupuk kimia juga boleh tapi dengan takaran yang cukup dan pemberiannya jangan terlalu sering.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Bunga Lavender Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel