Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah – Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) yakni tumbuhan karnivora paling populer makanan utama tumbuhan ini yakni serangga dan arakhnida. Tanaman venus ini banyak tumbuh di rawa-rawa di Carolinas, Amerika Serikat.


Tanaman ini mempunyai 4-7 daun pendek yang tumbuh dari batang bawah tanah. Permukaan pecahan dalam dari lobus tumbuhan ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus pada tumbuhan ini bergerak menutup dengan cepat ketika rambut sensorik khusus terangsang. Tanaman ini sanggup membedakan antara stimulus hidup dan stimulus yang tidak hidup. Lobus tumbuhan ini bisa menutup dalam waktu sekitar 0,1/detik. Lobus tersebut dibatasi oleh tonjolan menyerupai duri kaku atau silia yang menutup bersama untuk mencegah mangsa besar melarikan diri. Setelah mangsa tidak sanggup melarikan diri maka tepi lobus mencengkeram , menyegel perangkap dan melumat mangsa tersebut.


Walaupun dikenal sebagai taaman karnivor atau tumbuhan pemakan daging, tumbuhan venus banyak diminati untuk ditanam sebagai tumbuhan hias. Berikut cara menanam tumbuhan Venus Fly Trap:


Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap


Persiapan Bibit Tanaman Venus Fly Trap


Tanaman venus sanggup diperbanyak melalui biji, biji benih tumbuhan venus sanggup dibeli di toko bibit online atau toko bibit disekitar anda.


Jika biji benih venus sudah diperoleh, selanjutnya lakukan penyemaian benih tumbuhan venus. Berikut cara menyemai bibit tumbuhan venus:


Pertama, siapkan media semai berupa moss spaghnum atau spaghnum moss yang sanggup diperoleh di toko tumbuhan hias atau toko online. Selain itu, siapkan pula pot berukuran kecil dengan diameter sekitar 5 cm atau bisa juga bekas gelas air mineral.


Selanjutnya, rendam moss spaghnum dalam air RO (jangan air biasa) selama 4-5 jam. SEtelah itu, masukan media moss spaghnum yang sudah direndam tersebut dalam pot, kemudian semai benih venus. Dalam satu pot ditanam satu biji saja, sehabis itu semprot dengan handsprayer.


Kemudian, tutup pot dengan memakai plastik bening atau plastik wrapping guna menjaga suhu supaya tetap hangat dan lembab. Biji benih tumbuhan venus ini akan berkecambah sehabis sekitar 4-20 ahad (28-156 hari). Jika sudah berkecambah, bibit venus sanggup dipindahkan ke pot yang berukuran lebih besar.


Penanaman Tanaman Venus Fly Trap


Sebaiknya pot yang dipakai untuk menanam berupa pot gelas atau pot lempung dengan drainase di pecahan bawah pot. Siapkan media tanam berupa adonan 2/3 moss spaghnum dan 1/3 pasir. Jika media tanam sudah siap, masukan ke dalam pot tapi sebelumnya masukan pecahan genting atau batu pada pecahan dasar pot guna memperbaiki drainase. Setelah itu, pindahkan bibit bersama dengan media moss spaghnumnya kedalam media tanam dan pot yang baru.


Setelah jawaban melaksanakan penanaman, letakkan pot pada daerah yang terkena cahaya matahari yang cukup.


Cara Merawat Tanaman Venus Fly Trap


Tanaman ini membutuhkam kelembaban tinggi supaya sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik, untuk itu penyiraman harus rutin dilakukan dengan memakai handsprayer. Penyiraman tersebut jangan memakai air biasa tapi air yang baik untuk menyiram tumbuhan venus yaitu air hujan yang di endapkan, air RO, Air AC, dan air aki tutup biru.


Agar tumbuhan venus sanggup tumbuh dengan baik, tumbuhan ini juga perlu di beri pakan. Pakan yang sanggup diberikan sanggup berupa serangga menyerupai lalat, laba-laba , jangkrik atau ulat pakan. Pemberian pakan tersebut sanggup dilakukan setidaknya sebulan sekali.


Lakukan pemotongan kepala tumbuhan ketika sudah berwarna cokelat, hal ini bertujuan untuk merangsang pembentukan daun baru. Selain itu, lakukan penggantian media tanam setiap tahunnya.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Venus Flay Trap Sebagai Tanaman Hias Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel