Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Nagami) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Nagami) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Jeruk Nagami (Citrus Japonica) merupakan jenis tumbuhan jeruk yang berasal dari Jepang. Ciri tumbuhan jeruk nagami ialah buahnya berbentuk lonjong dan berukuran kecil. Selain dagingnya yang sanggup dikonsumsi, kulit buahnya juga sanggup dikonsumsi bahkan rasa kulit buah jeruk nagami lebih anggun dibandingkan daging buahnya, beraroma anyir dan segar.


Pohon jeruk nagami sanggup tumbuh sampai ketinggian 2,5-4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Tanaman jeruk nagami rajin berbuah dan setiap pohon sanggup menghasilkan ribuan buah.


Daun jeruk nagami mengandung banyak minyak atsiri, buahnya yang kayan serat juga mengandung gula, asam organik dan beberapa vitamin menyerupai vitamin A, B, C dan mineral menyerupai kalsium dan zat besi. Jeruk nagami juga kaya akan manfaat, adapun manfaat jeruk nagami bagi kesehatan diantaranya ialah membantu mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya . Selain itu jeruk ini juga baik untuk orang yang sedang diet (8 buah jeruk nagami setara dengan 100 kalori).


Jika kalian tidak mempunyai lahan yang luas untuk menanam jeruk nagami ini, kalian sanggup menanam jeruk nagami dalam pot atau tabulampot jeruk nagami.


Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Nagami


Pemilihan Bibit Jeruk Nagami


Cara pembibitan jeruk nagami sanggup dilakukan melalui sitem okulasi. Namun jikalau anda tidak ingin ribet menyiapkan bibit jeruk nagami ini, anda sanggup membeli bibit jeruk nagami siap tanam di toko bibit. Pilihlah bibit yang berkualitas baik ialah sehat, bebas dari hama dan penyakit, berdaun segar, berbatang kokoh dengan dahan rindang.


Persiapan Pot dan Media Tanam Jeruk Nagami


Siapkan pot berukuran cukup besar dengan diameter sekitar 60 cm. Siapkan pula media tanam berupa adonan tanah, pasir dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1, kemudian campurkan ketioga materi tersebut sampai rata. Kemudian masukkan media tanam tersebut kedalam pot dan biarkan selama sekitar 3 hari supaya media tanam kembali bersifat normal.


Penanaman Jeruk Nagami Dalam Pot


Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit jeruk nagami sempurna di tengah pot dengan posisi tegak. Kemudian lakukan penyiraman secukupnya saja.


Perawatan Jeruk Nagami Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam sehari tergantung kelembaban tanahnya. Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar bibit dalam pot. Lakukan pula pemangkasan pada cabang yang kering ataupun cabang yang tidak perlu, selain itu lakukan pemangkasan pada cabang sekunder untuk merangsang pertumbuhan cabang tersier dan pertumbuhan bunga. Pemangkasan ini juga dilakukan secara ruti sesudah pemanenan buah jeruk nagami ini.


Selain itu, supaya nutrisi pertumbuhan yang diharapkan jeruk nagami terpenuhi lakukan pemupukan. Pemupukan sanggup memakai pupuk organik maupun pupuk kombinasi kimia menyerupai pupuk NPK buah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pemupukan tersebut dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali. Agar cepat berbuah, lakukan santunan hormon perangsang buah secara rutin ialah setiap satu bulan sekali.


Demikian artikel perihal “Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Nagami) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Nagami) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel