Bertanam Tauge Di Media Vertiminaponik

 cm serupa tampah itu terlihat tergenang air yang menetes deras dari lubang Bertanam Tauge Di Media VertiminaponikBidang bundar berdiameter 90 cm serupa tampah itu terlihat tergenang air yang menetes deras dari lubang-lubang pipa PVC yang melintang di atasnya.


Di dalam tampah dari materi fiber tersebut, terlihat sejumlah kecambah tauge berwarna putih asal biji-biji kacang hijau yang disebar. Itulah aplikasi sistem vertiminaponik oleh Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.


Kecambah tauge itu tumbuh pada media vertiminaponik yang terdiri atas adonan zeolit ukuran 20 mesh serta kompos dengan perbandingan 3:1. Alas tampah yaitu plastik yang mempunyai lubang keluar supaya air yang jatuh di media tanam dapat tersirkulasi biar kembali ke dalam bak ikan.


Vertiminaponik merupakan modifikasi sistem akuaponik yang fokus pada pertanian kota. Dengan sistem itu dapat dipanen 2 komoditas sekaligus, yaitu sayuran serta ikan. Sayuran yang tumbuh di media zeolit dan kompos itu memperoleh sumber hara dari sisa pakan dan kotoran ikan. Sebaliknya, selain menjadi daerah sayuran tumbuh, media tanam juga berperan sebagai filter biologis yang akan menjaga kualitas air kolam.


Belum ada Komentar untuk "Bertanam Tauge Di Media Vertiminaponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel