Cara Menanam Apel Dari Biji Dalam Pot (Tabulampot Apel) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Apel Dari Biji Dalam Pot (Tabulampot Apel) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Apel atau Malus domestica ialah salah satu jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel mempunyai buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah.


Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.


Klasifikasi Ilmiah Apel

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rosales

Famili: Rosaceae

Subfamili: Maloideae atau Spiraeoideae

Bangsa: Maleae

Genus: Malus

Spesies: Malus domestica


Apel banyak digemari oleh banyak orang, kalau kalian ingin menanam buah tersebut sendiri dirumah tidak ada salahnya. Biasanya melaksanakan penanaman apel memakai stek batang, bibit okulasi atau juga cangkok. Karena sulitnya mencari bibit apel, anda sanggup melaksanakan penanaman memakai biji. Jika kalian ingin menanam buah apel namun tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup menanam apel dalam pot atau tabulampot apel, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Apel Dari Biji Dalam Pot atau Tabulampot Apel


1. Simulasi Musim Dingin Untuk Membuat Biji Berkecambah


Untuk menanam menanam apel dari biji ialah dengan melaksanakan penyemaian sampai biji bertunas. Untuk hal itu memang sangatlah membutuhkan perhatian penuh yaitu salah satunya memanipulasi suhu ruangan media tanam kartena pohon apel akan tumbuh dengan baik pada lingkungan yang mempunyai suhu dingin.


Kumpulkan 2 jenis biji apel, hal ini dimaksudkan alasannya ialah pohon apel tidak sanggup melaksanakan penyerbukan sendiri saat susah memasuki masa berbuah kalau anda menanam 1 jenis apel saja.


Pisahkan dahulu biji apel dari daging buah lalu jemur biar kulit luar biji tidak lembab. Proses selanjutnya yaitu dengan memasukkan biji apel yang sudah kering kedalam tissue atau kain. Tissue atau kain itu dipakai sebagai media semai yang lalu diletakkan dalam wadah dan ditutup rapat. Selain tissue anda juga sanggup memakai tanah gambut untuk media semainya. Setelah ditutup rapat masukan wadah semai tersebut ke dalam lemari es, tahap ini disebut juga dengan tahap after ripening yaitu mengkondisikan biji apel seolah dalam demam isu dingin. Atur suhu tetap sekitar 40-42 derajat farenheit atau 4,4-10 derajat celcius. Setelah sekitar 8 ahad maka biji apel mulai tumbuh tunas dan akar.


2. Memindahkan Tunas Apel Ke Pot atau Polybag Pembibitan


Biji yang telah bertunas dan berakar selanjutnya di pindah ke pot atau polybag. namun sebelumnya isi pot atau polybag tersebut diisi dengan media tanam berupa tanah gambut yang dicampur pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Setelah dilakukan penanaman letakkan pot atau polybag tersebut pada daerah bersuhu kamar namun usahakan tetap mendapat sinar matahari. Lakukan penyiraman secara rutin sampai tunas mempunyai daun. Proses tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu. Setelah tumbuhan apel mempunyai 5-7 helai daun, bibit tumbuhan apel sanggup dipindahkan ke pot yang lebih besar.


3. Cara Menanam Bibit Apel Dalam Pot


Siapkan pot berukuran besar atau diadaptasi dengan ukuran bibit apel yang akan ditanam, namun diusahakan berukuran besar alasannya ialah nantinya pohon apel akan membesar. Setelah itu isi pot dengan media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, segera lakukan penanaman. Setelah akibat menanam, lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media tanam apel.


4. Cara Merawat Pohon Apel


Lakukan penyiraman secara rutin terutama pada demam isu kemarau atau kering. Agar nutrisi yang diharapkan tanamana apel terpenuhi, maka lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali8 dengan memakai pupuk NPK. Biasanya sehabis berumur 6-8 tahun sehabis tanam, pohon apel akan mulai berbuah.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Apel Dari Biji Dalam Pot (Tabulampot Apel) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Apel Dari Biji Dalam Pot (Tabulampot Apel) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel