Cara Menanam Jeruk Tangan Buddha Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Tangan Buddha) Bagi Pemula

Cara Menanam Jeruk Jari Buddha Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Jari Buddha Bagi Pemula – Jeruk tangan buddha/jeruk jari buddha (Buddha’s Hand) atau Jeruk Cakar Harimau yaitu salah satu jenis jeruk yang berasal dari Tiongkok dan sekitar Myanmar. Nama latin jeruk tangan jari buddha yaitu Citrus Medica var. sarcodactylis. Nama lain jeruk jari budha dantaranya Bushukan (Jepang), Tangan Dewa (Jakarta), dan Kuku Macan (Aceh).


Bentuk jeruk jari budha mirip jari tangan dengan setiap buah terdapat 5-25 jari. Kulit jeruk jari budha berwarna kuning terang, tebal dan berbenjol-benjol kemudian memanjang menjadi bentuk mirip tangan. Buah Lemon Jari Budha ini hampir tidak berdaging buah, daging buahnya sangat sedikit, berwarna putih dengan rasa asam.


Jeruk jari budha tinggi akan kandungan minyak atsiri pada kepingan kulitnya, sehingga baunya sangat tajam dengan rasa getir.


Walaupun tidak sanggup dimakan langsung, buah ini mempunyai banyak manfaat. Irisan kulit buah jeruk jari budha sanggup dipakai untuk gabungan salad atau sajian ikan supaya ada sensasi asam segar. Buah ini juga dimanfaatkan untuk menghilangkan basi anyir pada ikan. Di Tiongkok dan Jepang sudah mulai memanfaatkan kulit oleh-oleh budha sebagai pengharum ruangan atau pakaian. Untuk kesehatan, buah jeruk jari budha sanggup dimanfaatkan untuk menyembuhkan maag, masuk angin dan memperbaiki sistem pencernaan. Rebusan kuncup daunnya sanggup mengobati cacingan. Selain dipakai sebagai materi dasar banyak sekali olahan masakan dan juga sebagai tumbuhan penghias halaman rumah, pohon jeruk tangan budha juga biasa dipakai untuk sembahyang pada hari raya imlek.


Cara Budidaya Menanam Jeruk Jari Buddha Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Jari Buddha


Persiapan Bibit Jeruk Jari Buddha


Pastikan bibit jeruk jari buddha yang akan di tanam yaitu bibit yang akan berkualitas baik dan tidak ada kepingan yang terkena penyakit maupun hama. Bibit jeruk ini sanggup diperoleh dengan membelinya di toko bibit.


Persiapan Tempat Tanam Dan Media Tanam


Siapkan pot dengan ukuran diadaptasi dengan bibit yang di tanam. Selain itu siapkan pula media tanam berupa gabungan tanah, pupuk sangkar dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian siapkan pula potongan bata atau genting.


Cara Menanam Jeruk Jari Buddha


Pertama, susun potongan bata atau genting pada kepingan dasar pot, selanjutnya masukkan media tanam sampai 1/3 dari volume pot yang digunakan. Kemudian letakkan bibit jeruk jari budhha di kepingan tengah kemudian tambahkan kembali media tanam sampai kurang lebih 2 cm dari bibir pot. Setelah selesai, lakukan penyiraman sampai media tanam lembab.


Letakkan tabulampot jeru Jari budha di daerah sejuk selama kurang lebih 1 minggu. Setelah itu, sanggup dipindah ke daerah dengan sinar matahari penuh. Pohon jeruk Jari budha membutuhkan minimal lima jam mendapat sinar matahari penuh setiap harinya.


Cara Merawat Tanaman Jeruk Jari Buddha


Lakukan penambahan nutrisi dengan cara menambahkan pupuk NPK pada tabulampot jeruk jari budha setiap 4 bulan sekali. Lakukan penyiraman sekali setiap hari di ketika isu terkini kemarau, dan kurangi intensitasnya ketika isu terkini hujan.


Demikian artikel perihal “Cara Menanam Jeruk Tangan Buddha Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Tangan Buddha) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jeruk Tangan Buddha Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Tangan Buddha) Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel