Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula – Pepino (Solanum muricatum) atau dikenal dengan pepino adalah spesies semak hijau orisinil Amerika Selatan dan ditanam untuk diambil buahnya.  Buah yang dikenal ampuh mengobati aneka macam penyakit menyerupai sariawan, wasir, diabetes dan lain sebagainya. Ada beberapa jenis pepino diantaranya pepino putih dan pepino ungu. Rasa buah pepino unik yaitu perpaduan antara ketimun, ubi dan melon.



Klasifikasi ilmiah Buah Pepino

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Solanales

Famili: Solanaceae

Genus: Solanum

Spesies: S. muricatum



Buah pepino ini kebanyakan ditanam di dataran tinggi, meskipun juga sanggup ditanam didataran rendah. Tanaman pepino tidak tinggi sehingga sanggup ditanam di dalam pot, namun tumbuhan pepino tidak berumur panjang yaitu sekitar 1 (satu) tahun.


Buah pepino mempunyai banyak manfaat, adapun manfaat buah pepino, diantaranya yaitu:


Pepino tinggi vitamin C, sehingga bermanfaat untuk mengobati sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Vitamin C juga berfungi sebagai antioksidan untuk memperlambat proses penuaan (aging), menurunkan risiko penyakit jantung, dan kerusakan otak. Vitamin C ini juga sangat diharapkan untuk memproduksi kolagen yang penting bagi pertumbuhan dan memperbaiki jaringan badan yang rusak.


Pepino mengandung betakaroten, terutama pepino ungu sangat mempunyai kegunaan dalam proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme. Selain itu, pepino juga dikenal sebagai antioksidan pencegah kanker.


Karena tinggi serat, pepino dipercaya sanggup mencegah sembelit, wasir, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol.


Cara Budidaya Buah Pepino


Pembibitan Buah Pepino


Pembibitan tumbuhan pepino sanggup dilakukan dengan cara vegetatif. Hal ini dilakukan alasannya ialah kemampuan germinasi biji pepino sangat buruk, sehingga sering tidak bisa tumbuh dengan baik, bahkan gagal tumbuh sama sekali. Dengan cara vegetatif, tunas yang sudah ada calon akarnya dipisah dalam polybag dan diperlakukan khusus. Setelah disemai, tunas tersebut akan tumbuh dalam waktu 2 sampai 3 minggu.


Perawatan Buah Pepino


Perawatan tumbuhan buah pepino cenderung gampang alasannya ialah tidak terlalu banyak memerlukan air. Setelah tumbuhan berumur 1 bulan, tumbuhan akan mulai berbunga.


Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Buah Pepino


Hama yang sering menyerang tumbuhan buah pepino yaitu ulat dan belalang pemakan daun. Pengendalian hama tersebut dilekukan dengan menawarkan pestisida organik. Sedangkan, pengendalian gulma dan penyakit sanggup dilakukan dengan penggunaan plastik mulsa.


Masa Panen Buah Pepino


Pemanenan buah pepino sanggup dilakukan sehabis tumbuhan berumur 3 atau 4 bulan. Ada 2 (dua) jenis buah pepino yaitu berwarna putih higienis dan berwarna ungu, buah yang matang baunya harum menyerupai melon. Namun sayangnya, usia tumbuhan buah pepino tak bertahan usang kerena Setelah mencapai 1 tahun, harus diganti dengan bibit baru.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Buah Pepino Yang Kaya Akan Antioksidan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel