Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Anggrek (Orchidaceae) ialah salah satu jenis tumbuhan bunga hias yang banyak berhabitat di kawasan tropika, tapi ada juga di kawasan sirkumpolar sampai ke wilayah tropika basah.


Anggrek merupakan salah satu tumbuhan yang hidup melekat atau menumpang pada pohon lain, tapi anggrek bukan bunga parasit. Tanaman bunga anggrek bisa hidup sanggup bangkit diatas kaki sendiri meskipun menumpang pada pohon lain. Untuk itu bunga anggrek banyak dijumpai di dalam hutan dengan melekat pada pohon-pohon besar maupun di lereng-lereng pegunungan. Pada setiap tumbuhan yang ada sudah niscaya mempunyai ciri khas tersendiri, begitu pula dengan anggrek. Ciri-ciri umum dari bunga anggrek, diantaranya yaitu:



  • Bentuk yang menyerupai serangga

  • Bunga anggrek mempunyai warna yang cerah

  • Memiliki akar yang serba guna


Ada banyak jenis bunga anggrek diantaranya anggrek bulan, anggrek macan, anggrek tanah, anggrek hitam, anggrek tebu, dan banyak lagi lainnya dengan banyak varian warna bunga.


Karena keindahan bunganya, banyak orang yang menanam bunga anggrek sebagai tumbuhan hias di dalam rumah atau di pekarangan rumah. Tidak hanya ditanam dengan ditempelkan ke pohon, tumbuhan bunga anggrek ini sanggup ditanam di pot. Berikut cara menanam anggrek dalam pot untuk tumbuhan hias dalam ruangan atau teras rumah.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Di Dalam Pot


Cara Menanam Anggrek Dalam Pot


Siapkan Media Pot

Pot yang dipakai sanggup berupa pot tanah, pot semen atau pot plastik, sebab pot tersebut sangat cocok dan cantik untuk ditanami bunga anggrek.


Siapkan Tiang Penahan

Buatlah tiang untuk penahan batang. Hal ini perlu dilakukan semoga tumbuhan bunga anggrek menjalar, selain itu fungsi pembuatan tiang juga semoga sanggup memelihara dan sanggup membentuk tumbuhan bunga anggerek sesuai impian pemilik. Tiang yang dipakai sebaiknya tiang yang kuat, dan juga tahan usang sehingga tiang yang paling sempurna ialah kawat. Pilihlah kawat dengan diameter 2-4 mm, dan tiang tersebut bisa dilepaskan ketika anggrek sudah berpengaruh hidup di pot.


Siapkan Media Tanam

Media tanam yang paling cocok untuk menanam bunga anggrek yaitu penggalan kerikil bata atau genteng, potongan sabut kelapa, potongan pakis atau arang kayu.


Penanaman Anggrek Dalam Pot

Jika semua sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Pasang tiang penahan sampai menyentuh dasar pot, kemudian masukkan media yang dipakai (bisa arang, potongan pakis atau sabut kelapa) kemudian letakkan bibit anggrek yang telah disiapkan di atas media tersebut. Atur akarnya semoga sanggup menyebar rata, kemudian ikat batang anggrek pada tiang yang telah tersedia.


Cara Merawat Bunga Anggrek Dalam Pot


Tempatkan bunga anggrek di tempat teduh namun terkena sinar matahari secara langsung, jangan terlalu panas sebab sanggup mengganggu pertumbuhan bunga anggrek.


Lakukan penyiraman secara rutin. Namun jumlah air dan frekuensi penyiraman tergantung dari jenis anggrek yang ditanam. Jenis anggrek simpodial (berumpun) menyerupai cattleya, oncidium, dendrodiun, dan coelogyne, umumnya lebih tahan kering daripada anggrek monopodial (batang tunggal) menyerupai phalaepnopsis dan vanda. Karena itu, penyiraman pada anggrek monopodial lebih sering dilakukan dibandingkan dengan anggrek simpodial. Anggrek monopodial harus disiram sebanyak 2-3 kali sehari, terutama dikala hari panas dan kering. Sementara, anggrek simpodial cukup 1-2 kali sehari.


Agar nutrisi yang diperlukan tumbuhan anggrek terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Ada 2 fungsi pemupukan pada anggrek, yaitu mempercepat pertumbuhan dan membantu proses pembungaan. Saat masih muda, anggrek membutuhkan pupuk yang kaya nitrogen. Unsur ini berkhasiat untuk mempercepat pertumbuhan. Ketika akan berbunga, anggrek membutuhkan pupuk yang kaya akan fosfor. Pemupukan anggrek sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada dikala itu, lisan daun sedang terbuka sehingga absorpsi pupuk akan lebih cepat.


Selain pupuk, anggrek juga perlu diberi vitamin dan hormon perangsang tumbuh. Jenis vitamin yang bisa diberikan pada tumbuhan anggrek diantaranya menyerupai aneurine, nicotinic acid amide, dan alctofalvine. Sementara itu, jenis hormon yang bisa diberikan ialah auksin, sitokinin, dan giberelin. Semua hormon tersebut dipakai untuk memacu pertumbuhan bunga.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel