Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula – Euphorbia yaitu salah satu genus tumbuhan berbunga yang mempunyai sekitar 2.420 spesies. Euphorbia ini selain difungsikan sebagai tumbuhan hias, tumbuhan ini juga obat-obatan dan juga gulma. Di Afrika, orang-orang afrika memakai tumbuhan ini untuk sangkar ternak. Sedangkan di Meksiko, tumbuhan dari genus Euphorbia dipakai sebagai materi pembuat lilin, pelumas dan kertas waterproofing.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Rosidae

Ordo: Malpighiales

Famili: Euphorbiaceae

Subfamili: Euphorbioideae

Bangsa: Euphorbieae

Subbangsa: Euphorbiinae

Genus: Euphorbia


Euphorbia ini mempunyai struktur bunga yang unik yaitu terdiri dari bracts daun yang berwarna mencolok menyerupai warna kuning, merah, ungu, coklat, atau hijau dengan ukuran yang kecil. Euphorbia mempunyai getah susu. Getah susu Euphorbia sanggup menyebabkan iritasi pada kulit, dan ketidaknyamanan parah jikalau tertelan.


Walaupun sanggup menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, paera pecinta tumbuhan hias tetap menanam tumbuhan ini untuk dijadikan tumbuhan hias dirumah mereka. Bagi anda yang ingin menanam atau budidaya tumbuhan hias bunga euphorbia, kali ini kita akan menunjukkan tips cara menanam bunga euphorbia. Namun sebelun itu kalian harus tahu bahwa batang tumbuhan bunga euphorbia tidak sanggup menyimpan cadangan air, namun tumbuhan euphorbia tersebut tidak tahan terhadap panas dan air yang berlebihan.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia


Cara Menanam Bunga Euphorbia


Keberhasilan menanam dan merawat bunga euphorbia terdapat pada media tanam yang baik. Dengan memakai media tanam yang baik, akan menciptakan tumbuhan euphorbia tumbuh subur. Selain itu tumbuhan juga sehat, akar kuat, batang kokoh, serta rajin berbunga.


Maka, media tanam yang dipakai harus terdapat unsur hara dalam jumlah memadai. Pot sebagai wadah tanam seharusnya dipilih yang mempunyai drainase baik.


Untuk memenuhi persyaratan itu, media tanam yang dipakai sanggup berupa adonan sekam bakar, cocpeat, serta pasir dengan perbandingan 3 : 1 : 1. Selain praktis ditembus oleh akar, sekam bakar juga punya sifat kokoh serta sanggup menyimpan unsur hara ataupun pupuk. Coco peat merupakan komponen utama media tanam. Fungsi utamanya yaitu sebagai penyimpan air atau unsur hara, namun tidak menciptakan media jadi tergenang. Pasir mempunyai kegunaan meningkatkan porositas media sehingga air siraman tidak akan menggenang. Selain itu, pasir juga bermanfaat sebagai penyela antara sekam bakar dan juga coco peat. Jika komposisi media tanam terlalu porous, unsur hara yang ada pada media banyak yang hanyut bersama dengan air siraman. Oleh karna itu, daun euphorbia menguning alasannya yaitu defisiensi unsur hara. Sementara, jikalau porositasnya rendah, air banyak menggenang di dalam media tanam sampai media terlalu lembab. Akibatnya, akar bunga euphorbia praktis membusuk lantaran terjangkit jamur ataupun bakteri. Selain itu, bermacam jenis penyakit akan praktis menyerang lantaran media tumbuhan terlalu lembab.


Perawatan Bunga Euphorbia


Pada dikala pembungaan, berikan naungan dengan intensitas cahaya 70 %. Pada dikala proses pembungaan berlangsung intensitas cahaya matahari yang tidak mengecewakan terik sangat dibutuhkan. Karena tumbuhan euphorbia tidak sanggup berbunga pada kawasan yang teduh. Tanaman memang harus ditaruh di kawasan yang teduh tapi dengan waktu yang singkat saja. Jika terlalu usang bunga sanggup menguncup lagi dan sanggup menyebabkan gagal bunga. Saat tumbuhan di beri naungan dengan intensitas cahaya 70 %. Saat itu pula tumbuhan harus di lakukan penyiraman dengan cara rutin. Pada dikala itu, tumbuhan harus di siram sebanyak 2 kali dalam sehari.


Lakukan pergiliran masa penyuburan dan juga pembungaan. Pergiliran pada waktu penyuburan serta pembungaan pada tumbuhan itu sangat dibutuhkan. Karena jikalau tumbuhan terus menerus di paksa untuk berbunga justru tidak bagus. Tapi jikalau ingin tumbuhan berbunga terus menerus, itu juga sanggup dilakukan, namun harus dilakukan dengan hati-hati. Jika ingin tumbuhan tumbuh dengan cara terus menerus serta subur. Maka yang harus dilakukan yaitu pergiliran. Pergiliran termasuk suatu proses penanaman yang dilakukan dengan langkah selang-seling. Umumnya, proses pergiliran ini memakan waktu yang cukup lama.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Euphorbia Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel