Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Anggrek Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Anggrek (Orchidaceae) yaitu salah satu jenis tumbuhan bunga hias yang banyak berhabitat di tempat tropika, tapi ada juga di tempat sirkumpolar sampai ke wilayah tropika basah.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Asparagales

Famili: Orchidaceae

Subfamilia:

Apostasioideae

Cypripedioideae

Epidendroideae

Orchidoideae

Vanilloideae


Anggrek merupakan salah satu tumbuhan yang hidup melekat atau menumpang pada pohon lain, tapi anggrek bukan bunga parasit. Tanaman bunga anggrek bisa hidup sanggup bangun diatas kaki sendiri meskipun menumpang pada pohon lain. Untuk itu bunga anggrek banyak dijumpai di dalam hutan dengan melekat pada pohon-pohon besar maupun di lereng-lereng pegunungan. Pada setiap tumbuhan yang ada sudah niscaya mempunyai ciri khas tersendiri, begitu pula dengan anggrek. Ciri-ciri umum dari bunga anggrek, diantaranya yaitu:



  • Bentuk yang menyerupai serangga

  • Bunga anggrek mempunyai warna yang cerah

  • Memiliki akar yang serba guna


Ada banyak jenis bunga anggrek diantaranya anggrek bulan, anggrek macan, anggrek tanah, anggrek hitam, anggrek tebu, dan banyak lagi lainnya dengan banyak varian warna bunga.


Di Indonesia, terdapat sekitar 3500 jenis anggrek hasil kawin silang dengan jenis anggrek yang paling banyak yaitu jenis anggrek dendrobium alasannya masih terjangkau dan mempunyai banyak warna.


Karena keindahan bunganya, anggrek banyak dijadikan sebagai tumbuhan hias dan jenis bunga ini menjadi salah satu tumbuhan hias yang paling digemari oleh pecinta tanaman. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara menanam budidaya dan merawat bunga anggrek, berikut selengkapnya:


Cara Menanam Budidaya dan Merawat Bunga Anggrek


Budidaya bunga anggrek cukup gampang asalkan perawatannya dilakukan dengan baik. Tanaman bunga anggek sanggup tumbuh diberbagai iklim. Perkembangbiakan bunga anggrek juga sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara alami ataupun dengan teknik tertentu.


Cara Menanam Bunga Anggrek


Umumnya, terdapat 2 jenis bunga anggrek yaitu anggrek Epiphyt dan anggrek Terrestris atau anggrek tanah. Anggrek Epiphyt yaitu jenis anggrek yang hidup melekat pada tumbuhan lain namun tidak mengganggu tumbuhan tersebut sedangkan anggrek Terrestris yaitu jenis anggrek yang hidup pada tanah humus yang subur.


Untuk melaksanakan budidaya bunga anggrek maka harus mengetahui media atau tempat tanam yang sesuai dengan jenis anggrek itu sendiri. Budidaya anggrek bahu-membahu tidak terlalu rumit, bahkan untuk menanam bunga anggrek tidak harus memakai pot, alasannya tumbuhan anggrek bisa melekat pada tumbuhan lain. Walaupun akan lebih maksimal jikalau memakai pot tersendiri.


Lokasi Tanam yang Baik untuk Menanam Tanaman Anggrek


Pilih lokasi tanam yang mempunyai intensitas matahari cukup baik alasannya pertumbuhan tumbuhan anggrek ini sangat terpengaruh dengan intensitas cahaya matahari yang diperoleh. Usahakan sesuaikan jenis anggrek menurut tingkat intensitas matahari yang didapatkan sehingga anggrek bisa tumbuh maksimal.


Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pertama yaitu jenis tumbuhan anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung, jenis anggrek yang cocok dibudidayakan pada tempat terbuka yaitu anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.


Jenis kedua yaitu jenis anggrek yang bisa tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk kondisi ini yaitu anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya. Untuk menanam bunga anggrek jenis ini maka harus disiapkan tempat khusus biar tumbuhan anggrek sanggup tumbuh maksimal.


Yang terakhir yaitu jenis anggrek yang tidak suka terkena sinar matahari, sehingga harus menempatkan tumbuhan anggrek ini di tempat yang teduh. Jika mempunyai halaman rumah yang teduh jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis cocok ditanam sebagai tumbuhan hias anda.


Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek


Selain kondisi lingkungan, ketinggian lokasi penanaman anggrek juga menghipnotis pertumbuhan anggrek yang dibudidayakan. Berdasarkan ketinggian lokasi tanam anggrek terbagi menjadi tiga jenis.


Jika anda tinggal di lokasi dengan ketinggian 1001 mdpl maka jenis anggrek yang cocok untuk ditanam yaitu anggrek cymbidium dan anggrek miltonia. Jika ingin membudidayakan anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya maka harus menempatkan tumbuhan ini pada ketinggian 500-1000 mdpl.


Jenis ketiga yaitu anggrek yang akan tumbuh secara maksimal jikalau ditempatkan pada ketinggian 500 m dpl. Salah satu referensi tumbuhan anggrek yang tumbuh pada ketinggian ini yaitu anggrek jenis Vanda dan Arachnis. Selain ketinggian lokasi tanam juga harus memperhatikan sirkulasi udara di tempat tersebut.


Tempat yang anggun untuk pertumbuhan anggrek yaitu tempat yang mempunyai angin sepoi-sepoi. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kelembaban udara biar tumbuhan anggrek bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.


Pemilihan Bibit Anggrek


Sebelum menanam bunga anggrek, maka harus menentukan bibit yang mempunyai kualitas yang baik. Pilih bibit yang siap untuk dibudidayakan biasanya bibit yang anggun yaitu bibit yang telah berusia 1 tahun dan telah mempunyai daun serta akar.


Tanam bibit yang tersebut ke dalam plastik selama 3 bulan, sesudah itu pindahkan ke dalam pot kecil dengan diameter 6-12 cm. Berikan pupuk organik selama proses pembibitan biar pertumbuhan anggrek maksimal. Setelah 3 bulan berada di pot kecil maka tumbuhan anggrek bisa dipindahkan ke dalam pot yang berukuran lebih besar.


Perawatan Tanaman Anggrek


Agar anggrek mempunyai pertumbuhan yang maksimal dan mempunyai warna bunga yang cerah ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu:


Akar bibit bunga anggrek

Setelah tiga bulan, biasanya akar akan mulai tumbuh dan seringkali sampai muncul keluar dari tanah. Melihat keadaan ini mungkin anda akan eksklusif memasukan kembali akar yang keluar tersebut ke dalam tanah. Tapi jangan lakukan hal itu, alasannya justru akan membahayakan tumbuhan anggrek yang ditanam. Sebaiknya yang harus dilakukan yaitu memindahkan tumbuhan tersebut ke dalam pot yang lebih besar.


Batang bunga anggrek

Sebagian tumbuhan anggrek kadang mempunyai batang yang tinggi. Untuk menjaga batang tersebut biar tidak gampang roboh, maka bisa memakai tiang penyangga pada batang. Tiang penyangga ini untuk memastikan bahwa batang anggrek tetap bisa bangun tegak.


Menempatkan pada suhu yang tepat

Anggrek akan tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14-36 derajat celcius. Jika bisa menjaga suhu secara teratur, anggrek yang ditanam mengeluarkan bunga yang indah melebihi apa yang diharapkan.


Cara memindahkan anggrek

Jangan memindahkan tumbuhan anggrek sembarangan, sebelum mencabut bibit anggrek terlebih dahulu siapkanlah pot gres yang akan dipakai sebagai tempat gres untuk anggrek. Setelah pot gres telah siap, barulah pindahkan tumbuhan anggrek ini. Pastikan posisinya tepat dan tambahkan sedikit media tanam lain menyerupai pakis cincang.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Anggrek Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel