Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah – Lemon cui, lemon cina , jeruk kesturi atau jeruk manado ialah salah satu jeruk dengan nama ilmiah Citrus microcarpa. Buah lemon cui ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bab timur, menyerupai di Sulawesi dan Maluku. Penggunaan lemon cui bersahabat kaitannya dengan kebiasaan orang Manado atau Sulawesi Utara pada umumnya yang sangat bahagia mengkonsumsi ikan laut.


Secara fisik, buah lemon cui mempunyai ukuran mini menyerupai jeruk nipis. Buahnya mempunyai diameter 3-4 meter dan berwarna kuning semburat hijau. Kulit buahnya lebih halus dan lunak menyerupai jeruk siam medan yang berukuran kecil. Daunnya berwarna hijau bau tanah mengkilap dan berakar tunggang. Keistimewaan jeruk lemon cui ini pertumbuhannya terbilang gampang dan cepat, serta mempunyai aroma yang sangat berpengaruh dan mempunyai rasa asam yang khas.


Lemon cui mengandung vitamin C dan banyak sekali mineral penting sehingga tak heran bila lemon cui ini mempunyai banyak manfaat. Di bidang farmasi dan kosmetik, kandungan senyawa limonin dan hesperedin mempunyai imbas ekspektorat (mengencerkan lendir), antiseptik, antioksidan, antitoksik (mengeluarkan racun), diuretik (peluruh kencing), antiradang, dan astringent.


Kandungan saponin dan flavonoid dalam buah lemon cui juga berperan dalam penanganan diabetes dan jantung. Senyawa fitokimianya juga sanggup menghambat pertumbuhan mikroba. Selain itu, asam folat yang terkandung juga bermanfaat bagi ibu hamil dan mencegah cacar bawaan pada bayi.


Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot


Pemilihan Bibit Lemon Cui


Bibit lemon cui sanggup diperoleh dari penangkar bibit buah-buahan. Bibit tersebut sanggup berasal dari perbanyakan vegetatif baik itu dari okulasi, cangkokan, maupun sambungan. Ukuran pot harus diubahsuaikan dengan besar kecilnya ukuran tanaman.


Persiapan Media Tanam dan Penanaman Lemon Cui


Media tanam yang sanggup dipakai untuk menanam lemon cui yaitu tanah yang subur. Media tanam yang sanggup dipakai yaitu gabungan tanah, pasir dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1.


Sebelum melaksanakan penanaman, lubang bab dasar pot ditutup dengan memakai pecahan genteng, kemudian lapisi atasnya dengan memakai watu kerikil dan pasir secukupnya. Selanjutnya, masukan media tanam yang telah dibentuk dengan volume 1/3 saja.


Kemudian, pangkas sebagian akar bibit lemon cui. Jangan hingga ada akar tunggang yang terlalu panjang. Letakkan bibit di tengah-tengah pot, kemudian isi media tanam lagi. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan sedikit air supaya tanah memadat.


Perawatan dan Pemeliharaan Lemon Cui


Tabulampot lemon cui ini kebutuhan sinar matahari harus cukup. Kebutuhan penyinarannya setiap hari sekira 5 (lima) jam. Untuk itu, letakkan tabulampot pada posisi yang tidak terlalu teduh kemudian lakukan penyiraman secara teratur.


Jika tabulampot lemon cui sudah berumur 3-4 tahun, sebaiknya lakukan repotting. Caranya, pangkas lebih dulu cabang tumbuhan sebanyak 1/3 nya. Biarkan tanah mengering selama 2-3 hari, tanpa melaksanakan penyiraman. Angkat tumbuhan dan buang sebagian tanahnya. Jangan lupa, siapkan pot gres yang ukurannya lebih besar dan tentu saja media tanam baru. Isi pot dengan tanah pengganti, kemudian tanamkan lemon cui sekali lagi.


Agar tumbuhan lemon cui ini sanggup berbuah produktif, maka lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali. Pada umur 4 bulan pertama, taburkan NPK sebanyak 25 gram/tanaman. Sesuai dengan bertambahnya umur tanaman, takaran pupuknya bertambah jadi 50 gram, 100 gram, 400 gram, dan seterusnya.


Lakukan pula pemangkasan, selain untuk meningkatkan produktivitas buah, pemangkasan juga dimaksudkan untuk mempercantik penampilan. Idealnya, perbatangan tabulampot lemon cui yaitu 1, 3, dan 9 yang akan menghasilkan 27 cabang atau ranting tersier. Artinya, satu batang pokok setinggi 50-100 cm hanya mempunyai tiga cabang primer yang posisinya berimbang (panjang cabang primer 30-50 cm) dan sembilan cabang sekunder. Dengan demikian, cabang atau ranting lainnya dibuang saja. Pembuahan akan terjadi pada ranting-ranting tersier.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jeruk Lemon Cui Dalam Pot (Tabulampot Lemon Cui) Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel