Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Praktis Bagi Pemula – Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) ialah sejenis tumbuhan yang dimanfaatkan umbinya untuk bumbu masakan. bawang merah berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di pecahan utaranya. Sentra budidaya penghasil bawang merah terbesar di Indonesia ialah Brebes, Jawa Tengah.


Klasifikasi ilmiah bawang merah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Asparagales

Famili: Amaryllidaceae

Genus: Allium

Spesies: A.cepa


Kandungan nutrisi bawang merah diantaranya yaitu serat, kalium, kalsium, magnesium, asam folat, auksin, giberelin, alliin, antiseptic, vitamin C. Manfaat bawang merah diantaranya yaitu untuk meredakan batuk, panas, masuk angin dan lain sebagainya.


Nah kali ini kita akan membahas perihal cara menciptakan bibit bawang merah dengan cepat dirumah, berikut selengkapnya:


Cara Membuat Bibit Bawang Merah


Pemilihan Benih Bawang Merah


Benih bawang merah berasal dari umbi, pilihlah umbi yang berkualitas biar nantinya bawang merah yang dihasilkan juga berkualitas. Pilih umbi bawang merah yang berukuran sedang namun mempunyai ukuran yang seragam, mempunyai warna yang cerah dan mengkilap, berat, sehat, tidak terjangkit hama dan tidak cacat umbi atau utuh.


Sebelum dipakai sebagai benih, sebaiknya umbi disimpan dan diletakkan ditempat yang sejuk dengan suhu udara dibawah 26 derajat celcius. Biarkan benih disimpan 5-7 hari sampai umbi mengasilkan tunas anakan. Jika ada umbi yang membusuk maka segera buang dan pishkan biar tidak menular kepada umbi yang masih sehat.


Persiapan Media Tanam Bibit Bawang Merah


Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam bibit bawang merah yaitu tanah yang gembur kemudian diayak dan ambil pecahan yang halusnya saja. Lakukan hal yang sama untuk pupuk kandang, ambil pecahan yang halusnya saja. Sedangkan pasir dicuci higienis gres kemudian dijemur dan diayak dan diambil pecahan halusnya saja.


Siapkan tray semai atau kolam semai dengan pecahan dasar yang mempunyai lubang kecil, atau juga dapat memakai polibag sebagai wadah semai. Campurkan seluruh media tanam sampai merata dengan komposisi tanah,pupuk kandang,pasir dengan perbandingan 2:1:2.


Selanjutnya, masukkan media tanam ke dalam wadah semai, isikan ke dalam wadah sampai padat kemudian letakkan media tanam di lokasi yang teduh dan tunggu sampai tahapan penyemaian tiba.


Penyemaian Benih Bawang Merah Ke Media Semai


Pertama, buatlah lubang tanam di dalam tray semai atau polibag, sesuaikan ukuran lubang tanam dengan ukuran umbi. Sebelum disemai sebaiknya lakukan perlakuan perendaman umbi dengan memakai fungisida takaran 5/liter selama 15 menit. Setelah itu, kering anginkan selama 10 menit.


Kemudian, lakukan penyemainan dengan menanamkan umbi bawang merah kedalam media tanam. Usahakan semua pecahan umbi tertanam dibawah permukaan tanah, dan sisakan pecahan ujungnya yang sudah ditumbuhi bakal tunas. Setelah itu, kemudian siram memakai air higienis secukupnya dan jangan sampai air menggenang. Letakkan media persemaian di lokasi yang teduh dan usahkan meletakkanya di atas rak semai, biar kelembaban tetap terjaga.


Perawatan dan Pemeliharaan Bibit Bawang Merah


Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali dalam sehari atau ditingkatkan menjadi dua kali ketika cuaca terlampau terik dan panas. Gunakan air higienis ketika menyiram ke media tanam alasannya ialah akan meminimalisir resiko penyebaran penyakit dan tumbuhan terjangkit hama.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK cair, pemupukan ini dilakukan ketika umur umbi yang disemai telah mencapai umur 2-3 ahad sehabis semai.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Praktis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel