Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula

Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula – Hairgrass (Eleocharis parvula) merupakan tumbuhan sejenis rumput yang tumbuh di air. Tanaman rumput ini berasal dar Amerika. Hairgrass dipakai sebagai tumbuhan foreground atau tumbuhan karpet yang terdapat pada dasar aquarium.


Ada 3 jenis tumbuhan hairgrass yaitu:


Hairgrass Long

Tanaman hairgrass ini mempunyai ukuran yang lebih panjang bila dibandingkan dengan tumbuhan hairgrass yang lainnya. Oleh alasannya yaitu itu, tumbuhan hairgrass jenis ini lebih banyak dipakai untuk penggalan belakang foreground.


Hairgrass Dwarf

Jenis hairgrass dwarf yaitu jenis yang paling banyak peminat lantaran jenis hairgrass ini sangat cocok diberbagai ukuran tank. Jenis hairgrass dwarf mempunyai ukuran yang lebih pendek. Untuk itu, tumbuhan hairgrass jenis ini lebih banyak dipakai pada penggalan depan foreground.


Hairgrass Japan

Tanaman hairgrass japan mempunyai ukuran lebih panjang dari jenis hairgrass dwarf namun lebih pendek dari hairgrass long. Hairgrass jenis ini tumbuh memakai tunas dan di dalam tunas berisi 3-9 daun. Tanaman hairgrass jenis ini lebih banyak dipakai untuk penggalan belakang foreground.


Sebelum melaksanakan penanaman hairgrass untuk layout aquascape ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:



  • Tanaman hairgrass tidak memerlukan Co2 terlalu banyak.

  • Cahaya lampu memegang peranan yang penting dalam pertumbuhan tumbuhan hairgrass, untuk itu penerangan yang konsisten dan stabil antara medium-high sangat dibutuhkan.

  • pH yang dibutuhkan antara 6.0-8.0, dengan kondisi optimal didalam aquarium antara 70°-83°

  • Tinggi tumbuhan ini sanggup mencapai ukuran 3-10 cm.

  • Tanaman Hairgrass membutuhkan pupuk yang cukup banyak.


Cara Menanam Hairgrass


Cara Menanam Hairgrass dengan Menyemai Benih


Sebelum memulai pembibitan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya benih hairgrass yang sanggup dibeli di toko, aquarium atau tank, pasir atau substrat, pupuk, air, lampu aquarium, dan botol semprotan. Berikut langkahnya:



  • Siapkan aquarium atau tank, letakkan media tanam atau substrat berupa pasir (pasir malang) pada lapisan pertama. Lalu taburi pupuk.

  • Kemudian, letakkan pasir lagi sebagai lapisan kedua. Pasir tersebut sanggup di campur dengan watu bata yang telah dihancurkan kasar, atau pasir yang dicampur pupuk.

  • Media tanam lapisan pertama dan lapisan kedua disarankan mempunyai ketebalan lebih kurang 2 cm.

  • Selanjutnya, genangi dengan air di bawah permukaan media tanam lebih kurang ketinggian 1-1,5 cm. Hal tersebut hanya untuk menciptakan media tanam menjadi lembab, bila air berlebihan sanggup menciptakan benih menjadi busuk.

  • Setelah itu, taburkan benih bertahap ke media dan usahakan merata pada media, kemudian semprotkan air dengan penyemprot yang paling halus. Hingga lembab saja dan jangan terlalu lembab.

  • Kemudian, lakukan penyinaran lebih kurang 6-8 jam perhari.

  • Lakukan penyemprotan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari selama 7 hari pertama. Jika benih semua bagus, maka pada hari ke 3 benih mulai berkecambah. Lalu pada hari ke 7 tumbuhan sanggup digenangi dengan air. Aquarium sudah sanggup diisi air dengan penuh.


Menanam Hairgrass dengan Tanaman yang Sudah Siap Tanam


Berikut ini langkah-langkahnya:



  • Bibit hairgrass sanggup dibeli di toko offline atau toko online. Kemudian siapkan media tanam berupa pasir yang telah dicampur dengan tanah humus lebih kurang setinggi 3 -4 cm kedalam aquarium atau tank. Kemudian basahi media tanam semoga gampang pada dikala menanam.

  • Sebelum menanam bersihkan terlebih dahulu bibit hairgrass dari kotoran pada penggalan akarnya.

  • Pisahkan hairgras menjadi beberapa bagian. 1 akar hairgrass biasanya terdiri dari 3-5 daun.

  • Tanam pada media tanam dengan mengunakan pinset. Beri jarak masing-masing semoga hairgrass tumbuh tersusun rapih, menyebar alami dan padat membentuk tumpuan grid menyerupai menanam padi.

  • Kemudian sehabis penanaman letakkan pada daerah teduh yang tidak terkena matahari secara langsung.

  • Lakukan penyemprotan pagi dan sore dengan semprotan yang ujungnya halus semoga tumbuhan tetap lembab.

  • Setelah 2 ahad daun biasanya akan menguning dan rontok, namun itu hal yang masuk akal lantaran sehabis mengalami proses tersebut tunas gres akan muncul. Setelah daun gres agak panjang, isi aquarium dengan air yang penuh.

  • Penggunaan lampu yang stabil dan derma pupuk akan mempercepat proses tumbuh tumbuhan hairgrass yang kalian miliki.


Perawatan Hairgrass Aquascape


Tanaman ini membutuhkan Co2 yang tidak terlalu tinggi, untuk itu tidak membutuhkan injeksi Co2. Cukup jaga kestabilan cahaya lampu. Pada hari pertama aquarium digenangi air, sebaiknya beri pupuk cair. Pupuk cair ini diberikan setiap ahad sehabis mengganti air aquarium. Selain itu pupuk tancap juga diharapkan setiap 2 bulan sekali. Untuk pempertahankan keindahan tumbuhan hairgrass dan semoga tidak mengganggu cahaya yang masuk, lakukan pemangkasan secara rutin bila ada rumput yang mulai memanjang. Gunakan gunting yang higienis semoga tumbuhan tidak terinfeksi. Pemangkasanini sebaiknya dilakukan lebih kurang sebulan sekali.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Hairgrass Untuk Aquascape Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel