Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula – Cabe Rawit atau Cabai Rawit (Capsicum frutescens) yakni salah satu tumbuhan dari famili Solanaceae. Tanaman ini yakni tumbuhan yang berasal dari Benua Amerika. Tanaman Ini dimanfaatkan buahnya untuk bumbu masakan, buah cabai rawit mempunyai warna yang akan berubah dari hijau menjadi merah saat matang. Walaupun mempunyai ukuran yang kecil dibandingkan dengan varietas lain, tapi buah cabai rawit mempunyai tingkat kepedasan yang cukup pedas yaitu sekitar 50 ribu sampai 100 ribu pada skala Scoville. Cabe rawit meskipun pedas mempunyai beberapa manfaat menyerupai sanggup meningkatkan sirkulasi darah, sanggup membantu mengobati nyeri otot, dan sanggup membantu detoksifikasi.


Harga cabai rawit sering kali melonjak tinggi, untuk menyiasatinya kita sanggup menanam cabai rawit di rumah menyerupai di halaman rumah ke tanah pribadi atau dengan memakai pot/polybag.


Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah


Persiapan Bibit Cabe Rawit


Biji benih cabai rawit sanggup diperoleh dengan membuatnya sendiri atau membelinya di toko pertanian. Setelah itu rendam biji selama 6 jam untuk mempercepat pertumbuhan bibit dan gunakan biji yang karam saja. Selanjutnya, keringkan biji dengan menjemurnya namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.


Buatlah media semai dengan memakai adonan tanah dan sekam atau pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Lalu letakkan media semai pada kotak semai setebal 5-10 cm. Jika sudah, semai biji cabai rawit dengan jarak 10 cm kemudian lakukan penyiraman. Lalu tutup persemaian dengan memakai karung goni lembap (jika sudah kering basahi lagi) biar media semainya tetap lembab, sehabis 4 hari barulah karung goni diganti dengan plastik transparan. Biasanya benih akan tumbuh sehabis 30-45 hari sehabis semai dan apanila jumlah daunnya sudah 4 maka sanggup dilakukan pemindah tanaman.


Penanaman Cabe Rawit


Siapkan polybag atau pot tanam berukuran 30 cm, kemudian isi dengan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian buatlah lubang tanam dan pindahkan bibit beserta media semainya kemudian timbun dan sedikit padatkan. Ketika mulai besar, pasangkan ajir dari bilah bambu sepanjang 20 cm.


Perawatan Cabe Rawit


Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari secukupnya saja jangan terlalu basah. Lakukan pemupukan sebulan sehabis penanaman dan pemupukan berikutnya sanggup dilakukan setiap sehabis panen. Lakukan pula penyiangan kalau ada gulma tumbuh disekitar pot/polybag.


Pemanenan Cabe Rawit


Setelah memasuki umur 2,5 bulan, cabai rawit sanggup dipanen dengan cara memetiknya beserta tangkainya pada pagi hari.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Cabe Rawit Di Halaman Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel