Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pisang Cavendish Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pisang Cavendish Bagi Pemula – Pisang merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Musaceae yang buahnya tersusun dalam bentuk tandan. Buah pisang sangat gampang ditemukan di kawasan beriklim tropis basah, panas dan lembab. Pada ketika ekspresi dominan kemarau biasanya menciptakan tanah kering dan jumlah air dalam tanah berkurang, namun pohon pisang masih sanggup tumbuh alasannya ialah batang pohon pisang tersebut mengandung banyak air namun tidak sanggup diperlukan produksinya. Pohon pisang hanya sanggup memproduksi buah sekali dalam hidupnya.


Pada umumnya buah pisang mempunyai kulit buah berwarna hijau ketika belum masak dan mempunyai kulit buah berwarna kuning ketika sudah masak api ada juga kulit pisang yang berwarna hampir hitam, merah, jingga, ungu, bahkan ada juga pisang yang sempurna mempunyai kulit berwarna hijau hingga masak. Terdapat banyak jenis buah pisang yang ada menyerupai pisang cavendish, ambon, susu, pisang muli, pisang raja dan masih banyak lagi.


Nah kali ini kita akan membahas wacana cara menanam pisang cavendish, pisang cavendish ini merupakan salah satu jenis pisang yang terkenal di Indonesia. Pisang ini sangat gampang dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket. Ukuran pisang ini cukup besar, rata-rata satu buahnya mempunyai panjang sekitar 15-25 cm. Umumnya, ketika matang kulit Pisang Cavendish berwarna kuning halus dan merata di semua bagian.


Selain rasanya enak, pisang ini juga kaya akan banyak sekali jenis nutrisi menyerupai mineral, karbohidrat, serat, dan juga vitamin. Sehingga tidak jarang juga Pisang Cavendish dijadikan sajian konsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan jadwal diet. Berikut cara menanam atau budidaya pisang cavendish:


Cara Menanam Budidaya Pisang Cavendish


Syarat Tumbuh Pisang Cavendish


Daerah yang baik untuk menanam pisang cavadish ialah kawasan yang mempunyai ketinggian 1600 mdpl. Tapi tumbuhan pisang tolerir untuk ditanam di dataran rendah. Tanah yang baik untuk menanam pisang cavendish harus kaya akan humus dan tanah liat berpasir. Agar tumbuhan pisang cavendish tumbuh maksimal, usahakan suhu di sekitar tumbuhan pisang berkisar 27°C-30°C dan mempunyai curah hujan sekitar 200-250 mm.


Pemilihan Bibit Pisang Cavendish


Bibit pisang cavendish sanggup diperoleh melalui tunasnya, ambil tunas dari tumbuhan induk yang baik dan berkualitas yang sanggup dilihat dari buah yang dihasilkan oleh pohon induk. Jika buah yang dihasilkan baik, maka tunas pohon tersebut juga baik untuk dibudidayakan. Selanjutnya, pilih tunas yang mempunyai tinggi sekitar 1-1,5 meter dengan diameter batang sekitar 7-12 cm.


Perawatan Bibit Pisang Cavendish Sebelum Ditanam


Tunas yang gres diambil, sebaiknya jangan eksklusif ditanam. Berikan terlebih dahulu insektisida pada tunas dengan takaran sebanyak 0,5-1% selama 10-15 menit kemudian diamkan sekitar 1-2 jam hingga luka pemotongan menjadi kering. Tujuannya semoga tunas pisnag yang gres terbebas dari hama dan penyakit.


Persiapan Lahan Tanam Pisang Cavendish


Pada lahan tanam yang akan dipakai untuk menanam pisang cavendish, buatlah jalan masuk air di sekitar jalan masuk air. Tujuannya semoga tidak ada air yang menggenang di erat tunas, yang sanggup menjadikan tunas pisang menjadi busuk.


Periksa kadar keasaman tanah, terlebih jikalau tanah sering diberi pupuk dengan materi kimia, jikalau pH tanah kurang dari 5 maka beri kapurdengan takaran sekitar 300 kg/ha.


Penanaman Pisang Cavendish


Setelah semua siap, buatlah lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antara lubang sekitar 3 meter. Setelah itu, masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang tanam kemudian biarkan selama 1-2 minggu.


Jika semuanya sudah siap penanaman tunas pisang sanggup dimulai. Tapi sebelumnya, perhatikan ekspresi dominan di sebelum menanamnya, usahakan menanam tunas pisang ketika akan tiba ekspresi dominan hujan, atau dipenghujung ekspresi dominan kemarau. Hal tersebut bertujuan semoga tunas pisang sanggup mendapat curah hujan yang cukup.


Pemeliharaan dan Masa Panen Pisang Cavendish


Lakukan perampalan semoga jalan masuk air tetap terjaga dengan baik, dan kebun masih tetap bersih. Caranya dengan memotong atau menyingkirkan pelepah yang sudah kering. Selanjutnya lakukan pengairan dan juga penyiraman semoga persediaan air di sekitar batang pisang tetap terjaga. Lakukan penyiraman dengan memakai mesin pompa air, atau apapun yang sanggup dimanfaatkan untuk melaksanakan penyiraman.


Lakukan pula penyiangan dengan menyingkirkan gulma atau rumput liar yang berada di sekitar area tanam. Hal tersebut bertujuan semoga rumput liar tersebut tidak menjadi tentangan dari pohon pisang untuk mendapat unsur hara tanah.


Lakukan pemupukan memakai pupuk organik ataupun anorganik. Pemupukan dilakukan sebanyak 2x selama masa tanam. Umumnya Pisang Cavendish sudah sanggup dipanen sehabis 12-13 bulan. Rata-rata tandannya mempunyai panjang sektiar 0,6-1 meter, dengan berat sekitar 15-30 kg.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pisang Cavendish Bagi Pemula”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. hingga Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pisang Cavendish Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel