Cara Menanam Daun Mint Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Menanam Daun Mint Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses – Daun Mint merupakan tumbuhan yang menghasilkan rasa mint atau menthol yang umum terdapat di obat batuk dan permen. Menthol juga sering dipakai dalam industri obat kumur. Selain itu, daun mint juga sering dimanfaatkan untuk menyajikan perasa pada kuliner dan minuman.


Pada dasarnya, daun mint bukan berasal dari tempat subtropik, sekitar Mediterania (Laut Tengah). Menurut sejarah, penyebaran daun mint ini ke tempat Asia diduga berasal dari Eropa, yang pada awalnya tumbuhan ini disebarluaskan oleh orang spanyol di tempat semenanjung Malaya dan Singapura. Tanaman daun mint ini telah banyak dibudidayakan di California, Washington, Michigan, Ohio serta negara-negara lainnya menyerupai Rumania, Inggris, Prancis, Maroko, Rusia, Argentina, Brazil, Cina, Bulgaria dan Jepang semenjak tahun 1500 M.


Daun mint yang paling banyak dikenal di masyarakat ada tiga spesies, ialah Mentha arvensis penghasil menthol dan minyak mentha kasar/mentha jepang. Daun mint ini merupakan tumbuhan herbal yang menghasilkan minyak atsiri dan dikala ini merupakan komoditas yang banyak dipakai di dunia industri sebagai penambah aroma dan rasa masakan, minuman, obat, kosmetik dan produk penyegar lainnya.


Minyak daun mint sanggup diperoleh dengan cara menyuling batang dan daunnya. Daun mint mempunyai aroma yang wangi dan rasa yang sangat menyegarkan. Kandungan minyak pada daun mint yang menciptakan aroma wangi dan semriwing. Daun mint juga mengandung banyak vitamin, menyerupai vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potasium. Selain dipakai dalam penyegar dan penambah rasa pada makanan. Manfaat daun mint mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai obat penenang, obat anti batuk, diaforetik (menghangatkan dan menginduksi keringat) , mengatasi ketombe, penghilang sakit perut, penghilang bau mulut, sebagai pendingin pada luka bakar dan lain sebagainya.


Cara Menanam Daun Mint Dalam Pot


Persiapan Bibit Daun Mint Dalam Pot


Siapkan bibit tumbuhan mint terlebih dahulu, bibit tersebut sanggup diperoleh dengan membelinya di toko pertanian atau untuk mendapat hasil panen yang memuaskan, gunakan bibit dari tumbuhan mint dewasa. Potong sekitar 1 cm sempurna di atas percabangan batang dengan memakai gunting. Selanjutnya, letakkan tangkai mint dalam gelas guna merangsang tumbuh kembang akar baru.


Sebaiknya, simpan gelas tersebut pada tempat hangat yang terkena terik matahari. Tunggu sampai akar barunya tumbuh dari batang tangkai. Kalian harus menunggu sampai panjang akar putih dari tangkai mint berukuran beberapa cm gres sanggup ditanam. Akar mint sanggup tumbuh menjalar sampai ke bab dasar pot.


Penanaman Daun Mint Dalam Pot


Siapkan pot tanam yang akan dipakai terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan media tanam berupa adonan tanah dan kompos. Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Isi 1/3 pot tanam yang akan dipakai untuk menanam tumbuhan mint dengan media tanam berupa adonan pupuk kompos dan tanah yang tadi sudah disiapkan. Selanjutnya, tanam tangkai ataupun tunas mint ke dalam pot tersebut. Jika terlalu panjang, kalian sanggup memangkas akarnya, kalau sudah tutup lubang tanam dengan media tanam.


Masa Panen Daun Mint


Panen besar daun mint sanggup dilakukan dikala tumbuhan mekar dengan rasa dan aromanya terasa wangi semerbak kemudian potong seluruh tumbuhan mint. Bersamaan dengan panen ini, buang daun yang menguning atau daun yang tumbuh lebih rendah guna meningkatkan pertumbuhannya. Ukuran panen mint yang ideal ialah 3 (tiga) kali panen selama animo tanam. Panen daun mint ini sanggup dilakukan dengan aneka macam ukuran sesuai kebutuhan.


Demikian artikel pembahasan tentang” Cara Menanam Daun Mint Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses “, agar bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Daun Mint Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel