Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Pepaya Gading atau Pepaya Golden Zene ialah salah satu jenis pepaya yang mempunyai keunikan pada sisi warna. Pada umumnya, pepaya mempunyai warna hijau ketika muda dan merah ketika masak/matang, sedangkan pepaya gading ini berwarna kuning ketika muda dan berubah jingga ketika matang. Bentuk pepaya golden ini ibarat pepaya bangkok atau california. Pepaya jenis ini diduga berasal dari Meksiko.


Pepaya mentah mempunyai kandungan beberapa macam vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C dan E. Selain itu, terdapat pula kandungan enzim magnesium, kalium, dan fitonutrien. Juga zat chymopapain dan papain yang baik untuk perut. Pepaya yang masih mentah ini mempunyai banyak manfaat baik untuk tubuh, diantaranya membantu pencernaan dan sanggup menghindari munculnya gas dalam pencernaan; membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh; menangkal bisul serta batuk; meredakan sembelit; meningkatkan produksi ASI; membantu menangani bisul jalan masuk kemih.


Tanaman pepaya ini sanggup tumbuh hingga ketinggian 3 (tiga) meter, kebanyakan di tanam di pekarangan dan sedikit yang dibudidayakan secara intensif dikebun. Tanaman pepaya mempunyai buah yang bergetah pada ketika muda dan mulai berkurang pada ketika matang atau tua.  Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya pepaya gading atau pepaya golden zene, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading


Syarat Tumbuh Pepaya Golden


Tanaman pepaya golden zene atau pepaya gading sanggup tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.000 meter diatas permukaan laut, mempunyai curah hujan yang tinggi sekitar 1000 hingga 2.000 mm/tahun akan disukai pertumbuhan pohon papaya.


Pemilihan Bibit Pepaya Golden


Pilih buah yang mempunyai bentuk, rasa, ketebalan serta ukuran yang manis untuk dijadikan bibit yang unggul. Kemudian, pilih biji pepaya golden yang berwarna lebih gelap kemudian dikeringkan.


Jika biji pepaya golden sudah dipilih, selanjutnya semai biji di polybag dan diletakkan di akrab kran air. Biarkan hingga sekitar 10 hari dengan keadaan tanah daerah menyemai bibit/benih itu tetap lembab.

Jika tidak ada tanah maka maka sanggup dicampur pupuk organik sebanyak 70% dengan pasir sebanyak 30%.


Cara Menanam dan Merawat Pepaya Golden


Setelah bibit kira-kira berumur sekitar 2 bulan maka bibit siap untuk ditanam. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 30 cm.


Jika bibit dan lubang tanam sudah siap, bibit/benih tumbuhan pepaya ditanam  pada lubang tanam dan diberi pupuk secukupnya. Setelah itu, lakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga lembab.


Selanjutnya, berikan naungan/pelindung dari paparan sinar matahari eksklusif ibarat jaring-jaring atau ranting. Jangan lupa tetap lakukan perawatan berupa pemupukan dan penyiraman secara rutin secukupnya, sesuaikan dengan keadaan tanah.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Pepaya Golden Zene atau Pepaya Gading Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel