Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Kenari Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Kenari Bagi Pemula Agar Sukses – Kepiting kenari, ketam kenari, birgus latro, atau kepiting kelapa (Birgus latro) merupakan artropoda darat terbesar di dunia. Meskipun disebut dengan ketam/kepiting, binatang ini bukan termasuk jenis ketam/kepiting. Ketam ini merupakan jenis umang-umang yang sangat maju dalam evolusi.


Ketam atau kepiting kenari ini dikenal alasannya kemampuannya mengupas buah kelapa dengan capitnya yang besar lengan berkuasa untuk memakan isinya. Kepiting kenari ini merupakan satu-satunya spesies dari genus Birgus.


Klasifikasi Ilmiah Kepiting Kenari

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Subfilum: Crustacea

Kelas: Malacostraca

Superordo: Eucarida

Ordo: Decapoda

Subordo: Pleocyemata

Infraordo: Anomura

Superfamili: Paguroidea

Famili: Coenobitidae

Genus: Birgus

Spesies: B. latro


Kandungan nutrisi yang terdapat pada kepiting kenari diantaranya yaitu: Protein, Omega 3, DHA, Fosfor, Magnesium, Zat besi, Zinc, Lemak, Karbohidrat, Vitamin A, B12, dan C.


Cara Budidaya Kepiting Kenari


Persiapan Ternak Kepiting Kenari


Lokasi ternak kepiting sanggup dimana saja asal mempunyai peneduh. Akan tetapi, lebih baik jikalau lokasi ternak berada di erat pantai, sehingga kepiting kenari akan gampang beradaptasi. Pastikan juga lokasi mempunyai lahan yang cukup luas mengingat kepiting kenari bisa tumbuh sampai 40 cm dengan bentangan kaki sekitar 200 cm.


Selain itu, pilih juga lokasi yang jauh dari kawasan pemukiman ataupun industri, dan pastikan lokasi higienis dari limbah ataupun polusi dan yang paling penting, lokasi harus gampang dijangkau untuk mempermudah pemeliharaan.


Setelah menentukan lokasi, siapkan beberapa peralatan dan materi mirip palu, paku, bambu, besi, kawat dan papan triplek.


Persiapan Media Ternak Kepiting Kenari


Media ternak kepiting kenari tidak membutuhkan empang ataupun kolam, tapi sangkar berukuran sekitar 1 x 2 m. Kandang tersebut bisa terbuat dari bambu ataupun besi.


Buatlah sangkar berbentuk kotak dengan sekat untuk tiap kandangnya dan tambahkan atap serta dinding yang terbuat dari kawat. Untuk atapnya, bisa memakai triplek dan buatlah sangkar dengan ketinggian sekitar 2 m.


Sesuaikan banyaknya sangkar dengan jumlah kepiting kenari yang ingin diternak. Lengkapi sangkar dengan tempat makan dan tempat air di pojokan sangkar dan pastikan ada sedikit ruang di bawah sangkar untuk mempermudah membersihkan kandang. Pintu sangkar kepiting dibentuk ibarat jendela dengan menambahkan kait semoga kepiting tidak gampang lepas. Kandang yang sudah siap disusun sejajar dan tiap sangkar mempunyai jarak sekitar 25-50 cm.


Persiapan Bibit Kepiting Kenari


Pastikan bibit kepiting merupakan bibit yang sudah siap ternak dengan ciri bibit kepiting kenari mempunyai ukuran 10-15 cm. Bibit kepiting kenari bisa dicari sendiri di pinggiran pantai ketika surut.

Kebiasaan bibit kepiting kenari yang siap diternak adalah mereka sudah tidak tinggal lagi di maritim sehingga bisa dengan gampang menjumpainya di kawasan pinggiran pantai.


Pastikan bibit tidak cacat dan tidak terkena penyakit ataupun hama. Bibit kepiting kenari yang baik biasanya akan bergerak dengan cepat jikalau dicoba untuk ditangkap.


Untuk memancing bibit kepiting, bisa memakai daging kelapa dan penggalan ikan rucah. Masukkan bibit kepiting kenari pada sangkar yang sudah jadi, untuk setiap sekat pada sangkar hanya bisa diisi oleh 1 ekor bibit saja sehingga setiap sangkar hanya bisa diisi oleh 2 ekor bibit kenari.


Pemeliharaan Kepiting Kenari


Untuk mencegah banyak sekali penyakit yang menyerang, jaga kebersihan kandang. Lakukan pencucian sangkar setiap hari sebelum dan sesudah diberi pakan.


Selain melaksanakan pencucian kandang, lakukan pula sumbangan pakan. Pakan yang baik untuk bibit kepiting kenari adalah penggalan daging kelapa dan cincangan ikan rucah. Pemberian pakan dilakukan setiap hari sebanyak 3 kali dan harus teratur. Sedangkan jikalau kepiting sudah lebih besar, bisa diberi pakan berupa satu buah kelapa yang sudah bau tanah dan matang. Kepiting kenari sudah bisa dipanen jikalau kepiting mempunyai berat hampir 1 kg.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Kenari Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kepiting Kenari Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel