Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula – Burung Falk Australia atau Kakak Tua Mini atau Burung Parkit Australia merupakan burung tergolong gampang untuk dilatih dan jinak. Ciri khas burung ini yaitu sanggup dilihat pada kepalanya yang mempunyai jambul, warna bulunya yang sedap dipandang mata dan juga tingkah lakunya unik.


Tak jarang burung ini dijadikan sebagai burung free flight, artinya sanggup kembali ke pemiliknya kalau dilepas ke alam bebas. Di Indonesia, burung ini sekarang banyak dibudidayaka. Ada banyak jenis burung falk Australia ini diantaranya yaitu parkit Australia biasa (ada tompel di kepingan pipi), jenis White Face dan juga Yellow Face (tak ada tompelnya), serta jenis Lutino serta jenis Albino.


Cara Budidaya Burung Parkit Australia


Persiapan Kandang Budidaya Burung Falk Australia


Kandang yang perlu disiapkan berupa sangkar koloni atau aviary dan sanggup juga soliter (1 sangkar di isi satu pasang burung). Tambahkan tengeran pada kepingan sangkar dan jangan lupa kotak sarang (geledok), tidak perlu menambahkan tumbuhan hidup maupun buatan.


Yang perlu disediakan dalam sangkar diantaranya yaitu: sediakan wadah pakan dan juga minum; kolam mandi ber isi air higienis yang diletakkan pada kepingan bawah kandang; berikan tulang sotong dengan cara di gantung erat kawasan pakan dan minum untuk mencukupi akan kebutuhan kalsium selama perkembangbiakan berlangsung; selain itu sediakan pula buah-buahan segar, dianjurkan untuk mengganti setiap harinya. Jangan lupa juga untuk memperlihatkan sayur-sayuran sebagai suplemen nutrisi.


Pemilih Indukan Burung Falk Australia


Pilih sepasang indukan betina dan jantan burung falk Australia yang terbaik. Ciri indukan yang baik yaitu mempunyai umur matang (untuk usia matang jantan dan betina kurang lebih 12-15 bulan), selain itu harus matang kelaminnya.


Umur indukan jantan dianjurkan lebih renta dibandingkan dengan betina, hal tersebut biar betina tidak kalah dari segi mental kalau sudah di satukan ke dalam satu kandang. Sebaiknya menghindari indukan dengan umur yang belum menginjak 12 bulan, hal tersebut alasannya yaitu sanggup menimbulkan aneka macam duduk perkara ibarat telur infertile, daya tetas rendah serta tingginya risiko adanya egg biding.


Cara Membedakan Jantan dan Betina Burung Falk Australia


Pada usia masih muda membedakan jenis kelamin burung ini terbilang sulit, jenis jantan atau betina sudah sanggup terdeteksi kisaran usia 6-8 bulan. Untuk burung falk Australia yang gampang dibedakan jenis kelaminnya yaitu parkit australia cukup umur non mutasi dengan warna orisinil abu-abu di kepingan area wajah. Jantan akan mempunyai warna bulu di wajah berwarna kuning cerah serta betina berwarna kuning pucat.


Sedangkan warna bulu keseluruhan berwarna abu-abu gelap serta kepingan betina berwarna abu-abu kusam, terkadang coklat kelabu. Pada bulu ekor betina terdapat rujukan bergaris pada kepingan bawah.


Perjodohan Burung Falk Australia


Ciri-ciri jantan dan betina burung falk australia berjodoh yaitu:


Jantan akan terlihat suka mematuk benda (kawat, dinding, dan juga tenggeran) di sekitarnya dengan cara membenturkan paruhnya. Hal tersebut merupakan salah satu cara menarik perhatian betina. Untuk menarik betina, jantan akan lebih sering menyebarkan kedua sayapnya .


Sedangkan bagi betina akan menyidik kotak sarang kemudian kembali keluar. Kemudian jantan akan masuk ke dalam gelodok untuk mengecek kondisi sangkar kemudian sehabis usai memanggil betina masuk untuk melaksanakan proses perkawinan. Jantan burung falk Australia mulai mengeluarkan bunyi panggilan kawin untuk betina.


Proses Bertelur Burung Falk Australia


Setelah beberapa hari proses kopuasi atau perkawinan simpulan yang sudah berlangsung tidak hanya sekali, indukan betina akan mulai bertelur. Sediakan kolam air bagi betina untuk dijadikan kawasan berendam. Bak mandi berfungsi sebagai kawasan untuk melembabkan sarang serta telur telurnya nantinya.


Di alam liar, betina burung falk ini akan bertelur dengan jumlah 3-10 butir. Jika dibudidaya indukan sanggup bertelur kurang lebih 3-8 kali, namun kebanyakan hanya mengeluarkan 4-5 butir. Setelah telur telur ketiga mulai keluar, betina akan mulai mengerami. Tujuannya biar nantinya telur menetas secara bersamaan.


Proses Inkubasi Telur Burung Falk Australia


Proses inkubasi atau pengeraman telur akan berlangsung kurang lebih 18-21 hari. Proses ini akan dilakukan oleh kedua indukan secara bergantian atau sanggup juga bersamaan. Saat telur mulai menetas, indukan tidak eksklusif memberi masakan pada anaknya selama kurang lebih 8-12 hari, alasannya yaitu mereka masih mempunyai cadangan masakan yang ada pada yolk sac (kantung kuning telur).


Pemasangan Ring dan Hand Feeding Pada Burung Falk Australia


Pemasangan ring atau cincin berkhasiat sebagai tanda pengenal, ring ini akan di pasang pada anakan yang sudah berumur 10 hari, hal ini alasannya yaitu kaki piyikan masih lembut dan gampang di pasangi ring. Jika ring sudah terpasang, berikutnya lakukan perawatan. Terdapat 2 bentuk perawatan yaitu perawatan yang dilakukan oleh indukannya sampai anakan sanggup makan sendiri atau sanggup melaksanakan cara hand feeding.


Kelemahan anakan yang di rawat oleh indukannya yaitu tingkat produktivitas indukan menjadi menurun dan pertumbuhan beberapa anakan yang menetas menjadi terlambat. Sedangkan hand feeding dilakukan ketika indukan melaksanakan perawatan sampai 2 minggu, kemudian eksklusif di pindahkan ke dalam kandangan soliter.


Selama proses hand feeding sangkar soliter sudah dilengkapi dengan tambahan lampu penghangat yang di letakkan pada kepingan atasnya. Hand feeding ini sanggup membantu indukan untuk melaksanakan proses perkawinan kembali sehabis seminggu anakan di pisahkan.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Australia (Falk Australia) Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel