Panduan Lengkap Cara Menanam Nangkadak Di Lahan Perkebunan Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Nangkadak Di Lahan Perkebunan Bagi Pemula – Nangkadak merupakan buah nangka hasil dari perkawinan silang antara nangka mini dengan campedak. Beberapa keunggulan hasil persilangan tersebut ialah buah nangkadak mempunyai rasa yang sangat cantik di ekspresi dominan hujan maupun ekspresi dominan kemarau, mempunyai tekstur daging buah lembut dan getah yang dihasilkan sedikit, bentuknya silindris dan terkesan padat, aroma tidak tajam menyerupai campedak.


Cara Menanam Nangkadak Di Lahan Perkebunan


Pemilihan Bibit Nangkadak


Bibit nangkadak sanggup diperbanyak melalui biji, okulasi maupun cangkok. Jika tidak ingin repot, bibit nangkadak sanggup dibeli di toko bibit. Pilih bibit yang benar-benar sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu,  mempunyai batang yang kokoh tapi  tidak kering dan pilih juga bibit dengan cabang rindang.


Persiapan Lahan Tanam Nangkadak


Menanam nangkadak sanggup dilakukan di dataran dengan ketinggian berkisar 0-800 m dpl dan mempunyai curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm. Agar tumbuhan sanggup cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya maka lahan harus higienis dari rumput liar, area lahan jangan terlalu sempit, tanah kaya dengan unsur hara, dan menerima sinar matahari langsung.


Jika lokasi tanam sudah dipilih, buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Tanah bekas galian kemudian dicampur dengan kompos atau pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan sekam, kemudian aduk hingga merata dan istirahatkan.


Jika lubang tanam sudah siap, diamkan selama 2-3 hari, biarkan tersinari sinar matahari semoga kuman penyakit dalam tanah mati.


Penanaman Nangkadak


Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit dengan hati-hati semoga tidak merusak perakaran dan media tanam bibit tidak rusak. Kemudian, masukkan bibit nangkadak ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak lurus, jangan miring. Setelah itu, tutup kembali lubang tanam dengan media tanam yang sudah disiapkam sebelumnya (campuran tanah galian dengan kompos atau pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan sekam) dan sedikit padatkan semoga bibit nangkadak tidak gampang roboh.


Setelah penanaman tamat lalukan penyiraman secukupnya saja jangan terlalu becek. Kemudian lakukan pemasangan ajir bambu berukuran panjang sekitar 1,5 meter. Pemasangan ajir ini bertujuan semoga tumbuhan tidak rentan berubah posisi dan roboh akhir terkena air hujan atau angin.


Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Nangkadak


Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari secukupnya saja sesuaikan dengan kelembaban tanahnya. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan nangkadak.


Agar nutrisi yang diharapkan tumbuhan nangkadak terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK buah, pupuk kandang/kompos dan pupuk organik cair. Pemupukan ini sanggup dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.


Tanaman nangkadak biasanya akan berbuah sehabis berumur 1-2 tahunan. Agar tumbuhan nangkadak lebih cepat berbuah, maka sanggup diberikan hormon perangsang buah. Pemberian hormon perangsang buah ini sanggup dilakukan dengan interval 7-10 hari sekali.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Nangkadak Di Lahan Perkebunan Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Nangkadak Di Lahan Perkebunan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel