Panduan Lengkap Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal Bagi Pemula – Keong mas yaitu salah satu jenis binatang herbivora yang memakan banyak sekali jenis tumbuhan. Keong mas biasanya dijadikan sebagai pakan ternak atau ikan, tapi ternyata keong mas tersebut mengandung omega 3, omega 6, omega 9 serta protein yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan sehingga sekarang banyak orang yang mengolah keong mas tersebut menjadi banyak sekali macam kuliner ibarat sate keong dan masih banyak lagi yang lainnya, selain di Indonesia keong mas juga merupakan produk ekspor yang laku ibarat di jepang dan eropa.


Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal


Persiapan Kolam Terpal


Penggunaan bak terpal ini dipilih lantaran lebih minim modal, selain itu juga pembuatan bak ini cukup mudah dan efisien.


Pembuatan bak ini dipilih pada lokasi yang sempurna yaitu akrab dengan sumber air, tersinari cahaya matahari penuh dan jauh dari pemukiman.


Buatlah bak dengan ukuran sesuai keinginan, idealnya bak dibentuk dengan ukuran lebar 5×5 meter. Jika bak dibentuk dengan ketinggian 1/2 meter maka akan menjadi ukuran 4×4 meter. Berikan empat penyangga pada bab pojok-pojok atau sudut kolam, biasanya bak akan berbentuk persegi atau persegi panjang.


Letakkan beberapa buat kerikil bata atau kerikil sebagai pemberat pada bab dasar kolam. Kemudian isikan air sedalam 25-30 cm atau 3/4 dari ketinggian kolam. Berikan pula tumbuhan mengapung ibarat teratai dan eceng gondok. Tambahkan juga ranting tumbuhan kering yang nantinya akan dipakai keong mas untuk meletakkan telur.


Biarkan selama seminggu hingga air bak berwarna kehijauan gres lalu sanggup menaburkan benih keong mas.


Penebaran Benih Keong Mas Pada Kolam Terpal


Setelah bak terpal sudah siap, selanjutnya sanggup dilakukan penebaran benih keong mas dalam kolam. Bibit keong mas sanggup diperoleh dengan mencarinya di sawah atau membelinya. Berikut cara menebarkan bibit keong mas dalam kolam:


Letakkan benih dalam wadah baskom atau baskon dan biarkan selama semalam. Kemudian pada pagi harinya masukkan satu persatu benih keong mas ke dalam dasar kolam. Lakukan dengan hati-hati jangan hingga terbanting atau atau merusak kulit cangkangnya.


Tebarkan keong mas secara merata pada seluruh bab kolam. Jika sudah simpulan menebarkannya, letakkan jaring pada bab atas kolam, biar dikala melata keong tidak sanggup meninggalkan lokasi kolam. Lakukan pengawasan, bila ada keong yang mati, segera buang jauh dari lokasi kolam.


Keong Mas Mulai Bertelur


Setelah 6-7 hari dibudidayakan di kolam, maka keong akan mulai bertelur. Jika sudah terlihat butir-butir merah muda pada permukaan bak ada melekat pada ranting-ranting kayu berarti keong sudah mulai bertelur, maka pastikan bak steril dan jauh dari binatang yang sanggup memakan telor-telor keong mas.


Selainn itu, tambahkan ranting-ranting pohon biar keong mempunyai lebih banyak ruang untuk bertelur, gunakan ranting-ranting kecil yang telah kering dan atur sedemikian rupa biar tidak menganggu telor lainnya. Lakukan pengawasan, alasannya keong mas yang akan menetaskan dan merawat anakan-anakannya hingga dewasa.


Pemberian Pakan Tambahan Pada Keong Mas


Pakan komplemen yang diberikan pada keong mas sanggup berupa sayuran dedaunan lunak ibarat daun sawi atau selada. Frekuensi santunan pakan sanggup dilakukan 3-4 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari, siang hari, sore dan malam hari.


Pakan komplemen ini hanya diberikan keong mas yang sudah dewasa. Sedangkan keong mas anakan akan mengkonsumsi lumut, alga atau materi organik yang dihaluskan. Berikan pakan secara teratur, biar ukuran keong sanggup segera mencapai standar pasaran dan siap dipanen.


Pemanenan Keong Mas


Dalam waktu satu bulan, keong mas sudah sanggup mulai dipanen. Pemanenan sanggup dilakukan dalam dua cara yaitu pemanenan keseluruhan dan pemanenan parsial. Pemanenan keseluruhan, yaitu pemanenan yang dilakukan dengan cara mengambil seluruh keong mas yang ada di dalam kolam. Sedangkan pemanenan parsial, yaitu pemanenan yang dilakukan dengan cara hanya memgambil keong mas yang telah berukuran besar dan siap jual. Kemudian menyisakan keong mas yang berukuran kecil untuk dipanen pada panen selanjutnya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel