Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Melati (Jasminum) merupakan tumbuhan bunga hias berupa tumbuhan perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tumbuhan orisinil kawasan tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan sebab aroma khas yang dimilikinya. Terdapat sekitar 200 spesies melati yang ada. Bunga melati yang sering kita temui ialah warna umum berwarna putih meski banyak warna yang lainnya. biasanya bunga melati digunakan untuk gabungan teh atau juga aksesoris pengantin dalam pernikahan.


Klasifikasi ilmiah Bunga Melati

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Oleaceae

Genus: Jasminum


Manfaat bunga melati diantaranya yaitu sebagai bunga tabur, materi industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan materi gabungan atau pengharum teh, ibarat teh melati.


Bunga dan daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu. Tapal daun dari beberapa jenis melati digunakan untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka.


Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya digunakan untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asthma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac berguna berpengaruh sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka. Selain itu, beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.


Kali ini kita akan membahas perihal cara menanam bunga melati mini dalam pot, berikut selengkapnya:


Cara Menanam Bunga Melati Mini Dalam Pot


Persiapan Pot dan Media Tanam Melati Mini


Siapkan beberapa pecahan genting atau kerikil bata dan masukkan ke dalam pot bunga yang disiapkan. Pastikan pecahan tersebut terletak di belahan paling dasar pot. Pecahan genting atau kerikil bata tersebut digunakan sebagai media penyerap air, sehingga ketika tumbuhan disiram, air tidak akan menggenangi pot.


Karena jikalau pot tergenang air, maka akan terjadi pembusukan pada akar dan berakibat pada selesai hidup bunga melati. Setelah meletakkan pecahan genting atau kerikil bata, persiapkan tanah sebagai media tanam atau sanggup dengan gabungan tanah subur, pupuk kendang atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.


Penanaman Melati Mini Dalam Pot


Jika pot dan media tanam siap, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan gabungan tanah sekitar sepertiga dari ukuran pot, tanamkan bibit bunga yang sudah berisi media tanam. Setelah dimasukkan, tambahkan media tanam hingga sekitar 2 cm dari bibir pot kemudian padatkan dengan cara ditekan perlahan dengan memakai ibu jari. Jika sudah selesai, lakukan penyiraman secukupnya saja jangan hingga tergenang.


Setelah itu, letakkan pot bunga melati mini pada tempat yang teduh dan lembab namun tetap mendapat sinar matahari hingga bibit bunga melati mini muncul tunas-tunas daun baru. Jika sudah mulai tumbuh daun, letakkan bunga melati mini diletakkan pada tempat yang mendapat sinar matahari cukup.


Disarankan untuk mengeluarkan pot bunga pada ketika pagi hari di bawah cahaya alami matahari pagi biar bunga melati mini sanggup berfotosintesis dengan baik dan tumbuh normal.


Cara Merawat Bunga Melati Mini


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, secukupnya saja jangan hingga tergenang.


Agar nutrisi yang diharapkan tumbuhan bunga melati mini terpenuhi sehingga tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik dan berbunga banyak, maka lakukan pemupukan sehabis tumbuhan melati mini berumur 2 minggu. Pupuk yang sanggup digunakan sanggup berupa pupuk NPK dengan takaran 5 g/tanaman dan pemupukan ini dilakukan setiap sebulan sekali.


Setelah bunga melati mini berumur 1 bulan, pot mulai ditumbuhi rumput-rumput liar atau gulma maka lakukan pencucian gulma tersebut biar tidak mengganggu pertumbuhan bunga melati mini dan nutrisi pupuk sanggup terserap dengan maksimal,


Agar tumbuhan melati mini cepat berbunga, maka lakukan pemangkasan. Pemangkasan biasanya dilakukan pada demam isu kemarau dan dilakukan pada batang atau cabang yang sudah bau tanah dan tidak produktif lagi.


Lakukan pemangkasan bentuk dengan standar cabang utama melati dibuat setinggi 30 cm dan cabang yang menjulur, sebaiknya jangan dibiarkan memanjang. Selain itu, untuk menghasilkan bunga melati yang berukuran besar kuncup bunga, disarankan untuk memotong semua kuncup bunga dan sisakan satu kuntum melati mini sebagai bunga utamanya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel