Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula – Burung Nuri Pelangi atau juga disebut juga dengan nama kasturi pelangi, perkici pelangi dan Rainbow lorikeet (Trichoglossus moluccanus) merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang hanya terdapat di 2 negara yaitu Indonesia dan Australia. Jenis burung nuri ini mempunyai kicauan yang kalah manis dan cenderung berupa jeritan kencang dan bunyi berisik, Namun warna bulunya sangat menarik.


Burung nuri pelangi ini mempunyai panjang badan sekitar 25-30 cm dan rentang sayap sekitar 17 cm. Warna burung nuri pelangi sangat cerah yaitu berwarna biru gelap pada penggalan kepala, berwarna kuning kehijauan pada penggalan leher, berwarna hijau gelap pada penggalan badan dan penggalan dada berwarna merah dengan motif garis berwarna biru agak kehitaman.


Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi


Cara Membedakan Jantan dan Betina Burung Nuri Pelangi


Burung nuri pelangi merupakan jenis burung monomorfik seksual yang agak susah dibedakan jenis kelamin betina atau jantannya. Berikut ini perbedaan jantan dan betina burung nuri pelangi:



  • Nuri pelangi jantan mempunyai warna oranye atau jingga yang lebih gelap di penggalan dada, sedangkan nuri pelangi betina warnanya agak pudar dan bercampur dengan sedikit warna kuning.

  • Nuri pelangi jantan mempunyai dada lebih tebal dibandingkan betina.

  • Bentuk kepala nuri pelangi jantan berbentuk lebih persegi, sedangkan betina lebih bulat.

  • Jantan lebih sering membusungkan dada dikala makan sambil mengancam serta akan melompati burung lain yang ingin mengambil makanan semoga sanggup diusir.


Persiapan Kandang Ternak Burung Nuri Pelangi


Siapkan sangkar berukuran 1 x 1,25 meter dengan tinggi 1,9 meter. Kandang dibentuk luas dengan dinding sanggup dibentuk dari strimin atau kawat baja dan kerangka dari kayu. Dalam sangkar diberikan gelodok untuk kawasan meletakkan telur nuri pelangi, gelodok tersebut sanggup dibentuk dari kayu dengan ukuran 35x20x20 serta dalam gelodok diberikan serabut kelapa. Selain itu, dalam sangkar diberi kawasan pakan dan kawasan minum, kawasan minum tersebut juga dipakai sebagai kawasan mandi untuk nuri pelangi alasannya yaitu burung ini senag mandi dan berendam.


Tempatkan sangkar pada kawasan keramaian yang dilalui manusia, tapi jauhkan dari binatang peliharaan lain alasannya yaitu sanggup menjadikan stres pada burung. Pastikan suhu ruangan dalam sangkar yaitu sekitar 18,3-29,4 derajat celcius dan jangan biarkan suhu terlalu dingin.


Proses Bertelur Burung Nuri Pelangi


Indukan betina burung nuri pelangi umumnya akan bertelur sebanyak 1-3 butir dalam setiap periode peneluran atau clunch. Sedangkan untuk masa pengeraman antara 25-26 hari. Betina nantinya akan mengerami telur sedangkan jantan bertugas menjaga sarang serta memberi makan pasangannya. Sesudah menetas, induk betina dan jantan akan bersama merawat anaknya dan bila perawatan dilakukan dengan baik, maka nuri pelangi sanggup bereproduksi sebanyak 5 kali dalam setahun.


Pemberian Pakan Burung Nuri Pelangi


Burung nuri pelangi merupakan burung pemakan buah dan biji-bijian. Buah yang disukai burung nuri pelangi yaitu pepaya, apel dan jeruk, sedangkan biji-bijian kesukaan burung nuri pelangi ini yaitu millet merah dan kuaci.


Khusus anakan nuri pelangi yang disapih pada umur 12-14 hari sanggup diberi pakan lolohan ibarat pakan yang diberikan pada anakan burung lovebird. Selain itu, tambahkan tulang sotong yang sudah dihaluskan kemudian diletakkan di sendok kecil dan dilolohkan ke anakan, tambahkan juga multivitamin. Setelah anakan berumur 3-4 minggu, maka sanggup diberikan pakan berupa buah-buahan atau biji-bijian dan bila sudah berumur 1 bulan maka burung sudah sanggup makan sendiri tak usah diloloh.


Burung nuri pelangi yang sudah sampaumur diberikan pakan yang bervariasi mulai dari apel, pisang, beri wortel, anggur, sayuran hijau, labu yang dimasak, kacang hijau dan lain sebagainya.


Perlu diperhatikan, jangan berikan buah yang mengandung gula tinggi alasannya yaitu sanggup menimbulkan bulu rontok; jangan berikan coklat, makanan asin atau manis, makanan berminyak, kacang kering, kubis, asparagus, terong atau madu; jangan juga berikan alpukat, kemangi dan bawang alasannya yaitu sanggup menimbulkan serangan jantung bahkan menimbulkan janjkematian pada burung nuri pelangi.


Cara Merawat Burung Nuri Pelangi


Sangkar atau sangkar nuri pelangi juga harus dibersihkan secara teratur pada penggalan bawahnya sebanyak 2 kali sehari. Buang ganjal sangkar dan ganti kemudian bersihkan semua sisa pakan serta wadah pakan dan minumannya yang juga harus dilakukan.


Selain itu, bersihkan dan ganti kawasan pakan serta air setiap hari dan ganti air dengan yang gres serta segar. Buang segera pakan yang cepat membusuk ibarat kacang kacangan yang dimasak pribadi setelah burung simpulan makan alasannya yaitu nuri pelangi cukup rentan dengan nanah bakteri.


Untuk anakan nuri pelangi akan disapih dikala berumur 12-14 hari alasannya yaitu pada umur ini, mata anakan nuri pelangi sudah terbuka sepenuhnya. Tapi bila masih belum sanggup merawat anakan nuri pelangi, maka penyapihan sanggup dilakukan dikala anakan sudah berumur 8 minggu. Sesudah memasuki umur 8 minggu, anakan nuri pelangi sudah keluar dari sarang sehingga perawatan sanggup dilakukan dengan mudah.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Burung Nuri Pelangi Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel