Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Wambi atau Hwa Mei (Melodius Lughingthrush) yaitu jenis burung yang populer dengan kicauannya yang mantap, keras dan rapat. Burung bagus ini berasal dari wilayah Tiongkok bab Selatan. Keberadaannya pernah menjadi cukup langka ketika terjadi wabah virus flu burung yang menjadikan dihentikannya impor burung dari Tiongkok ke Indonesia. Beruntung dikala ini wabah flu burung sudah mereda dan aktivitas impor burung dari Tiongkok ke Indonesia sudah diperbolehkan kembali.


Burung bagus eksentrik ini mempunyai sifat Fighter yang besar lengan berkuasa dan sangat tempramen sehingga tidak menyerupai di indonesia yang melombakan burung bagus ini alasannya yaitu kicauannya, di Asia kususnya di negara asalnya melombakan burung bagus ini dengan cara di langgar fisik.


Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula


Cara Membedakan Burung Wambi Jantan dan Betina


Untuk sanggup membedakan burung wambi jantan dan betina sanggup dilihat dari ciri fisiknya. Berikut perbedaan burung wambi jantan dan betina:



  • Burung wambi betina mempunyai ukuran badan yang lebih besar daripada ukuran badan Wambi jantan. Hal ini menciptakan burung Wambi jantan lebih gesit dan lebih cocok dijadikan burung aduan.

  • Proporsi badan wambi jantan lebih kecil namun lebih padat dan berisi sehingga tampak gagah. Sementara burung wambi betina berbentuk agak bundar dan agak besar.

  • Burung Wambi jantan mempunyai mata yang berwarna lebih biru dibanding burung wambi betina. Selain itu, dikala dipegang burung Wambi jantan cenderung untuk membelalakkan mata sedangkan jenis betina lebih suka menutup matanya.

  • Hidung burung wambi jantan lebih mancung dan lancip sedangkan pada burung wambi betina lebih lebar dan bulat.

  • Burung wambi jantan mempunyai leher yang berbulu tegas dengan struktur leher yang lebih panjang dan kekar. Sedangkan, burung Wambi betina, lehernya lebih pendek dengan warna bulu yang lebih lembut.

  • Burung wambi betina mempunyai struktur panggul yang lebih lebar dibanding burung wambi jantan. Hal ini berkaitan dengan fungsi reproduksi.

  • Burung wambi jantan mempunyai alat vital yang lebih menonjol, sedangkan pada burung wambi betina bentuknya lebih mendatar.

  • Burung wambi jantan mempunyai bulu ekor yang lebih panjang dibanding burung wambi betina.

  • Kaki burung wambi jantan mempunyai struktur yang kuat, lebih tebal dan kokoh, sedangkan kaki burung wambi betina yang lebih lembut dan berdaging agak tipis.

  • Warna bulu burung wambi betina cenderung lebih kusam, sedangkan burung wambi jantan warna bulunya lebih bagus, cokelat mengilat.


Persiapan Kandang Ternak Burung Wambi


Pada tahap awal ternak, sangkar segi empat paling baik dipakai dengan ukuran ideal sangkar yaitu sekitar 25 x 25 x 30 cm. Pada bab dasar sangkar diletakkan tenggeran.


Selain itu, letakkan andaran buatan dari kayu berbentuk bundar dan bab bawahnya garang untuk mengikis ujung kuku burung cantik. Diameter sandaran yang baik untuk burung wambi minimum 2 cm.


Dalam sangkar juga diletakkan kawasan pakan dan juga minum bagi burung. Untuk mencegah burung wambi terus-menerus berkicau, maka sangkar atau kandangnya sanggup ditutup dengan kain.


Pakan Burung Wambi


Pakan yang sanggup diberikan pada burung wambi sanggup berupa buah-buahan dan beberapa serangga kecil.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Wambi Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel