Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Sanger atau Edel Sanger (Serinus leucopygus) merupakan burung yang khas serta berwarna abu-abu dengan coretan-coretan. Burung sanger ini mempunyai keahlian dalam mengerol yang bagus. Maka sangat masuk akal bila burung ini sangat sempurna untuk dijadikan burung kicauan di rumah atau masteran untuk kenari.


Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Burung Sanger


Kandang yang perlu disiapkan untuk ternak burung sanger ini sanggup dipakai jenis sangkar gantung dengan ukuran yang tidak terlalu kecil supaya memperlihatkan kebebasan burung dalam bergerak. Selain itu, siapkan juga sarang. Sarang tersebut bisa terbuat dari sabut kelapa, goni, serat nanas atau kapas.


Pemilihan Indukan Burung Sanger


Pilih indukan yang berkualitas supaya nantinya anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Untuk membedakan indukan burung sanger jantan dan betina cukup sulit alasannya ialah keduanya hampir serupa, tapi keduanya bisa dibedakan dengan adanya bercak putih di bab bawah paruhnya pada burung sanger jantan dan pada indukan betina terdapat tanda menyerupai kalung manik-manik di bab dadanya.


Pemberian Pakan dan Minum Burung Sanger


Pakan yang sanggup diberikan untuk burung sanger bisa berupa canary seed, milet glamor atau mungkin pakan biji bijian lainnya. Untuk pemanis pakan, bisa diberi sayuran menyerupai selada maupun sawi, atau mungkin masakan lainnya menyerupai kroto, ulat hongkong atau kuning telur puyuh rebus. Jangan lupa juga berikan minum yang cukup.


Cara Menjodohkan Burung Sanger


Proses perjodohan bisa dilakukan dengan meletakkan indukan jantan dan betina pada sangkar terpisah terlebih dahulu. Burung yang saling berjodoh sanggup dilihat dari burung jantan yang membalas kicauan dari burung betina.


Jika telah saling mendengar, kedua sangkar burung bisa lebih di dekatkan. Untuk meningkatkan birahi indukan, bisa dilakukan dengan sumbangan Bird Mature. Burung yang tampak agresif, akan sering terperinci serta melompat-lompat dalam sangkar.


Jika kedua burung sudah saling birahi, maka burung tersebut sudah bisa disatukan dalam satu sangkar untuk ke tahap selanjutnya.


Pengeraman Telur Burung Sanger


Dalam setiap bertelur, induk betina biasanya akan bertelur sebanyak 2-3 butir setiap periode peneluran. Induk betina akan mengerami telurnya selama 14 hari. Biasanya baik induk jantan maupun induk betina akan merawat anak-anaknya.


Walaupun dalam asuhan induknya, peternak juga bisa membantu menyuapi anakan dengan gabungan nestle atau telur puyuh rebus untuk membantu pertumbuhan anak sanger supaya bisa segera bergerak dengan aktif.


Pemanenan Burung Sanger


Anak Sanger biasanya gres bisa dilakukan pemanenan sehabis berusia 1 bulan. Pada usia tersebut, anakan telah bisa makan sendiri. Anakan sudah bisa dipisahkan dari induknya untuk dijual di pasaran atau bisa dipelihara untuk dijadikan master.


Perawatan Burung Sanger


Bersihkan sangkar secara rutin supaya burung sehat serta terhindar dari jamur maupun penyakit yang akan menghambat pertumbuhan dan kembang biak untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Mandikan burung dengan menyemprotnya dengan air, supaya burung tetap bersih.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Sanger Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel