Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant Bagi Pemula Agar Sukses – Ayam yellow pheasant atau pegar kuning merupakan salah atu jenis ayam pheasant yang cukup banyak digemari selain jenis ayam pheasant lainnya menyerupai golden pheasant, lady amherst pheasant dan lain sebagainya.


Ayam yellow pheasant atau pegar kuning ini mempunyai tampilan bulu yang berwarna kuning mencolok yang terdapat di beberapa bab tubuhnya menyerupai kepala, perut sampai pinggang serta ekornya. Selain warna kuning, terdapat warna coklat ada pada bab punggungnya, berwarna merah dengan strip hitam pada bab kepala belakang sampai leher bab atas. Sedangkan pada bab ekor mempunyai warna bulu lurik-lurik.


Harga Ayam Yellow Pheasant tergolong mahal alasannya harganya berkisar Rp. 9.500.000,-/pasang.


Ayam yellow pheasant lebih suka hidup di alam bebas, namun jenis ayam ini sanggup dijinakkan. Nah kali ii kita akan membahas ihwal cara ternak budidaya ayam yellow pheasant:


Cara Ternak Budidaya dan Merawat Ayam Yellow Pheasant


Persiapan Kandang Ternak Ayam Yellow Pheasant


Kandang ternak yang disiapkan tidak perlu terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil tapi ayam yellow pheasant leluasa bergerak. Ukuran sangkar sanggup dibentuk dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 meter.


Persiapan Indukan Ayam Yellow Pheasant


Pilihlah ayam yellow pheasant yang berkualitas baik serta telah masuk umur produktif. Usia produktif untuk pejantan yakni kurang lebih umur 1,5 tahun lebih sedangkan untuk betina umur 1 tahun lebih sudah produktif.


Cara membedakan indukan yellow pheasant jantan dan betina sanggup dilihat dari ciri fisiknya. Biaanya jenis kelaminnya akan gampang dikenali sehabis berusia 5 bulan keatas. Biasanya untuk pejantan yellow pheasant warna bulunya akan mencolok dibanding dengan betina. Yellow Pheasant betina cenderung mempunyai warna bulu yang lebih kusam.


Ayam Yellow Pheasant Bertelur dan Berkembangbiak


Ayam Yellow Pheasant hanya sanggup bertelur satu kali dalam setahun. Dalam sekali bertelur ayam pheasant sanggup menghasilkan 7-15 butir namun ada yang menyampaikan ayam yellow pheasant sanggup bertelur sampai 20 butir dalam sekali bertelur dan akan menetas pada hari ke 22-23.


Dalam perkembangbiakannya Yellow Pheasant, tidak sanggup mengerami dan merawat anak-anaknya. Maka dari itu ketika bertelur sebaiknya telur ditetaskan memakai mesin penetas telur, biar telur yang dihasilkan sukses untuk ditetaskan.


Makanan Ayam Yellow Pheasant


Pakan yang sanggup diberikan pada ayam yellow pheasant sanggup berupa sayuran, biji-bijian, dan binatang serangga menyerupai jangkrik, cacing hongkong, bekicot yang sudah dipotong-potong lembut. Jangan lupa juga sediakan air minum dalam sangkar dan jangan lupa ganti setiap hari.


Ayam yellow Pheasant termasuk jenis pheasant yang mempunyai sifat kanibalisme, hal ini sanggup terjadi juka asupan makanan tidak terpenuhi terutama jenis makanan yang mengandung protein sehingga mereka akan memakan ayam yellow pheasant lainnya.


Cara Merawat Ayam Yellow Pheasant


Bersihkan sangkar secara rutin yakni setiap bulan sekali, jangan lupa ganti pasir gres dan dalam sangkar diberi ranting atau pepohonan untuk ayam bertengger.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel