Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula – Zodia (Evodia suaveolens) merupakan salah satu jenis tumbuhan hias sekaligus tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman hias satu ini mempunyai bentuk bunga berukuran kecil berwarna putih, dan mempunyai manfaat ibarat bunga Geranium. Di daratan Papua, bunga ini populer sanggup mengusir nyamuk, selain itu juga bisa memanfaatkan tumbuhan hias ini untuk mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.


Kandungan dari bunga zodia diantaranya linalool 46 % serta alphapinene sebanyak 13,26 %, maka tidak mengherankan kalau bunga zodia bisa mengusir nyamuk dengan tingkatan mencapai 70% dalam 6 jam.


Cara memakai tumbuhan zodia ini untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya yakni dengan mengebas-ngebaskan daun bunga zodia disudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk atau serangga.


Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot


Persiapan Bibit Bunga Zodia


Siapkan bibit bunga zodia yang berukuran tinggi sekitar 10-15 cm. Bibit tersebut sanggup diambil dari anakan atau batang stek tumbuhan induk atau membelinya di toko tanaman.


Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Bunga Zodia


Siapkan daerah tanam berupa pot atau wadah lain yang berukuran sedang sampai besar. Sedangkan media tanam yang harus disiapkan yakni tanah yang kaya akan unsur hara dan pupuk sangkar . Campurkan tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1, aduk sampai merata kemudian diamkan selama sehari.


Cara Menanam Bunga Zodia Dalam Pot


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Pertama, isi pot tanam dengan serpihan genteng sebagai bantalan media tanam kemudian isi adonan tanah dan pupuk sangkar yang telah disiapkan sebelumnya sampai 1/3 bab volume pot. Setelah itu, masukkan bibit bunga zodia dan tambahkan tanah sampai permukaan pot, kemudian sedikit tekan-tekan untuk memadatkan tanah tersebut.


Setelah penanaman, berikan sedikit air supaya tumbuhan tetap terjaga kelembapannya. Letakkan bibit bunga zodia di area yang cukup terkena pancaran sinar matahari supaya bunga tersebut bertumbuh dengan optimal. Usahakan juga daerah tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Zodia Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel