Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses – Lalat hitam atau lalat tentara hitam (Hermetia illucens) yait jenis lalat yang banyak ditemukan di sampah organik. Cara hidup lalat tentara hitam yaitu dikala menjadi larva atau maggot, lalat ini memanfaatkan limbah sampah organik sebagai sumber makanan utamanya. Hal tersebut alasannya yakni dalam badan maggot lalat hitam terdapat basil selulotik dan basil tersebut bisa menghasilkan enzim selulase yang sanggup menghidrolisis selulosa pada sampah organik.


Dengan cara membudidaya lalat tentara hitam ini, maka secara tidak eksklusif telah mengurangi penimbunan sampah organik. Selain itu ada banyak sekali laba dari membudidayakan lalat tentara hitam, menyerupai menghemat pakan ternak dan lain sebagainya.


Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula


Penentuan Lokasi Budidaya Lalat Tentara Hitam


Lokasi budidaya lalat tentara hitam bisa diberbagai tempat dan lebih baik bila ruang tertutup tapi pencahayaan masih bisa masuk. Selain itu, pastikan lokasi jauh dengan kawasan industri maupun jalan raya dan dapur biar tidak terkontaminasi tapi gampang dijangkau dan sepi. Pastikan suhu ruangan antara 25- 28°C.


Persiapan Media Budidaya Lalat Tentara Hitam


Media budidaya lalat tentara hitam bisa berupa rak susun terbuat dari bambu ataupun kayu. Rak susun dibentuk dengan model terbuka dibagian samping kanan dan kirinya.


Kemudian, siapkan nampan ataupun tray sebagai ganjal pada rak susun, bila ingin lebih simpel bisa memakai terpal. Setelah itu, isi dasar terpal memakai gabungan antara pasir dan tanah dengan perbandingan sebesar 1 : 1. Campuran tanah dan pasir juga harus diberi pupuk organik menyerupai pupuk kompos dengan perbandingan antara gabungan pasir dan tanah dengan pupuk sebesar 2 :1. Masukkan tanah gabungan tersebut pada terpal sampai ketebalan sekitar 1- 3 cm.


Persiapan Bibit Larva Budidaya Lalat Tentara Hitam


Pastikan bibit lalat tentara hitam yakni bibit berkualitas dan layak budidaya. Bibit lalat tentara hitam berupa telur, bisa dibeli atau mengembangbiakkannya secara langsung.


Pilihlah indukan lalat tentara hitam dengan kualitas baik dan produktif, kemudian masukkan ke dalam ruang khusus berjulukan nursery. Biarkan dan jangan lupa menyiapkan media berupa tray berisi sampah organik sebagai tempat bertelur.


Pemeliharaan Larva Budidaya Lalat Tentara Hitam


Setelah mendapat telur lalat tentara hitam, maka perlu memindahkan telur telur tersebut ke media penetasan sekaligus pemeliharaan yang sudah disiapkan sebelumnya.


Selanjutnya, biarkan telur menetas selama kurang lebih 5 hari dan sehabis menetas maka bisa mulai memberinya pakan. Pakan yang diberikan yaitu bermacam-macam yang penting jenis sampah organik berupa sayuran menyerupai wortel, kangkung, akar bayam, sisa makanan berupa buah dan lai lain.


Karena larva lalat tentara hitam sangat rakus, pastikan memberi makan secara rutin dan teratur setiap hari sebanyak 3 kali. Larva lalat akan semakin cepat dipanen bila anda memberinya semakin banyak pakan.


Masa Panen Maggot Budidaya Lalat Tentara Hitam


Maggot lalat tentara hitam sanggup dipanen dalam waktu 10 hari sehabis menetas dari telur. Panen dilakukan dengan memisahkan maggot dengan media budidaya. Setelah simpulan dipanen, sortir maggot dan letakkan dalam kotak kayu atau tray beralas pasir.


Demikian pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinga kami berikutnya.Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel