Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula – Indigofera atau di Jawa Barat disebut dengan Tarum merupakan tumbuhan yang dulu dimanfaatkan sebagai pewarna alami pakaian. Namun kini, tumbuhan indogifera ini dijadukan sebagai sumber pakan ternak yang baik alasannya mempunyai kandungan fosfor, kalsium dan nitrogen yang tinggi.


Cara Menanam Tanaman Indigofera Bagi Pemula


Persiapan Lahan Tanam Indigofera


Pilih lahan tanam yang terpapar sinar matahari secara optimal (lebih dari 5 jam per hari); mempunyai tanah yang gembur; mengandung cukup unsur hara dan bersahabat dengan sumber air.


Setelah lahan dipilih, selanjutnya gemburkan tanah. Kemudian buat bedengan dan bentuk lubang alur untuk menempatkan pupuk dasar nantinya.


Setelah lahan siap, lakukan pemupukan dasar. Caranya yaitu:



  • Siapkan pupuk kandang.

  • Larutkan 1/4-1/2 kg gula pada seember air, kemudian siram 500 ml EM4 pada larutan gula tersebut kemudian tutup dan diamkan minimal 24 jam

  • Selanjutnya, siramkan larutan EM4 tadi secara merata pada pupuk sangkar kemudian tutup dengan terpal dan diamkan minimal 1 ahad (semakin usang semakin baik).

  • Jika sudah, masukkan pupuk tersebut dalam lubang alur bedengan bersama pupuk NPK 15-15-15 kemudian tutup kembali alur tersebut sembari dibuat bedengan dengan lebar 1 meter dn tinggi sekitar 15 cm.


Persiapan Bibit Tanaman Indigofera


Persiapan bibit tumbuhan indigifera ini sanggup diperoleh secara generatif biji maupun vegetatif cangkok. Berikut ini cara pembibitan tumbuhan indigofera secara generatif biji:


Cari tumbuhan indigofera yang sudah besar dan berbuah. Pastikan pilih hibrida ialah yang berdaun lebat, kemudian ambil buahnya yang sudah matang kering (kehitaman).


Selanjutnya, jemur buah tersebut sampai kulitnya kering dan pecah sehingga isinya keluar.

Kemudian, siapkan plastik polybag ukuran medium untuk menyemaikan benih indiofera. Isi polybag tersebut dengan tanah humus yang gembur.


Kemudian, tanam biji indigofera sedalam kurang lebih 2 cm dan iarkan bijinya tumbuh.


Setelah tumbuh, maka lakukan penyiraman secara rutin untuk mempercepat pertumbuhannya. Jika bibit indigofera sudah berusia 1,5 bulan maka bibit indigofera sudah siap ditanam di lahan tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.


Penanaman Tanaman Indigofera


Pertama, buatlah lubang pada bedengan dengan kedalaman sekitar 15 – 20 cm dan jarak sekitar 30 – 50 cm.


Kemudian, tanam bibit indigifera pada lubang tanam tersebut tapi siram bibit terlebih dahulu dan sebelum ditanam pastikan buka plastiknya dahulu. Selanjutnya, timbun kembali. Sebaiknya waktu penanaman ini dilakukan pada sore hari untuk mencegah tumbuhan layu.


Perawatan Tanaman Indigofera


Lakukan penyiraman secara rutin setiap 10 hari sekalai atau dua ahad sekali. Gunakanlah sumbangan pompa air semoga memudahkan mengalirkan air ke bedengan. Selain itu, lakukan pula penyiangan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan indigofera sekitar sebulan sekali memakai sabit dan cangkul. Bisa juga lakukan pemupukan susulan dengan memakai adonan pupuk sangkar dengan pupuk buatan semoga tumbuhan bertumbuh pesat dan berdaun lebat.


Pemanenan Daun Indigofera


Cara memanen daun tumbuhan indigofera ini ialah dengan memangkas daun dan sisakan batag utama dengan ketinggian sekitar 80 cm semoga memudahkan proses panen selanjutnya. Setelah pemanenan pertama, tumbuhan sanggup dipanen daunnya setiap 2-3 bulan sekali.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Tanaman Indigofera Untuk Pakan Ternak Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel