Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bandeng Organik Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bandeng Organik Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Ikan bandeng (Chanos chanos Forskal) ialah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari famili Chanidae. Ikan bandeng ini mempunyai menyesuaikan diri dengan perubahan kadar garam yang tinggi mulai dari 0-60 per mil. Selain itu juga, ikan ini tahan pula pada perubahan suhu yang tinggi sampai 40°C.


Di Indonesia, Ikan bandeng dikenal pula sebagai ikan bandang, bolu, muloh dan agam. Ciri ikan bandeng yaitu mempunyai badan yang langsing berbentuk torpedo, mempunyai sirip yang bercabang, sisiknya berwarna keperakan, mulutnya berada di ujung kepala dengan rahang tanpa gigi, . Panjang badan ikan ini sanggup mencapai 1 meter jikalau berada di bahari dan tidak lebih dari 50 cm jikalau berada di tambak.


Cara Budidaya Ikan Bandeng Organik Bagi Pemula


Persiapan Kolam atau Tambak Budidaya Bandeng Organik


Hal pertama yang perlu disiapkan untuk melaksanakan budidaya ikan bandeng secara organik ini yaitu kolam atau tambak. Lokasi yang ideal untuk melaksanakan budidaya ikan bandeng ini yaitu hutan mangrove.


Syarat kolam atau tambak budidaya ikan bandeng ini diantaranya yaitu tanah kolam ideal terhadap pasang surut sekitar 1,5 -2,5 meter, terdapat persediaan air segar biar sanggup mengatur komposisi garam untuk perkembangbiakan bandeng, tekstur tanah yang baik yaitu tanah liat berpasir biar sanggup menahan air sumur. Setelah kolam dibuat, kolam dikeringkan terlebih dahulu kemudian lakukan pemupukan dan pengapuran dasar tambak.


Setelah dikeringkan, selanjutnya lakukan pemupukan dasar. Pemupukan dasar tersebut memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos dengan takaran sekitar 1-3 ton sedangkan takaran kapur yang diberikan yaitu sekitar 1-2 ton/hektar kolam bergantung pada pH tanah. Selain itu, sanggup juga dengan melaksanakan penyiraman dengan pupuk cair sebanyak 4 liter/hektar dengan pemupukan 2 ahad sekali sampai pemanenan tiba. Jika sudah dilakukan pemupukan selanjutnya kolam sanggup diisi air secara sedikit demi sedikit sampai 3 kali tingkat mulai dari 50 cm.


Penebaran Bibit Ikan Bandeng


Jika kolam sudah siap, selanjutnya lakukan penebaran bibit ikan bandeng. Volume penebaran ikan yaitu sebanyak 50 ekor/meter kolam. Agar ikan gampang beradaptasi,masukkan dalam kolam atau plastik yang diisi dengan air kolam selama sekitar 1-2 jam.


Pemberian Pakan Ikan Bandeng Organik


Pakan benih ikan yang telah ditebar diberi pakan berupa pakan alami saja. Jika sudah berumur sekitar 2 minggu, berikan pupuk cair organik biar pakan alami sanggup tumbuh kembali dalam kolam.


Pemanenan Ikan Bandeng Organik


Ada 2 cara pemanenan ikan bandeng yaitu harvest selektif atau pemanenan selektif dan pemanenan total. Pemanenan selektif ialah pemanenan dengan cara melaksanakan pengeringan atau penghilangan air sampai 70%, kemudian ikan di panen yang memenuhi standar ukuran yang diingin sedangkan yang belum memenuhi dibiarkan tidak panen. Sedangkan panen total ialah pemanenan yang dilakukan sekaligus tanpa menentukan ukuran.


Bersamaan dengan pemanenan tersebut, sanggup dilakukan pengurasan air dan menggantinya dengan air yang gres dan bersih.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bandeng Organik Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Bandeng Organik Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel