Berkebun Talas Di Bogor

 tersebut berada di pinggir jalan raya di Kecamatan Tamansari Berkebun Talas Di BogorSejatinya, kebun talas seluas 2.500 m2 tersebut berada di pinggir jalan raya di Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Namun pemandangan kebun itu gres terlihat terang kalau berjalan melewati undakan yang posisinya lebih tinggi dari tubuh jalan. Daun-daun Colocasia esculenta berumur 4-5 bulan itu tampak hijau dan lainnya terlihat agak menguning.


Tanaman-tanaman itu dibudidaya menggunakan guludan setinggi 10-15 cm. Jarak tanam rapat sekitar 50-60 cm dengan jarak antarguludan sekitar 1 m. Saat bebeja.com menyambangi, si empunya kebun gres membersihkan sebagian gulma yang tumbuh subur di atas guludan. Sekitar 4-5 bulan ke depan, menginjak November-Desember 2019, tumbuhan tersebut siap dipanen.


Kebun talas itu ditanami 2 jenis talas, yakni talas hawai serta talas bogor. Talas bogor lebih dominan. Harap mafhum, serapan pasar untuk talas bogor cukup besar. Tak hanya dijajakan segar, tapi juga sekarang diserap industri masakan sebagai masakan ringan elok lapis talas serta penganan lain. Harga jual segar berkisar Rp3.500-Rp4.500/kg di tingkat pekebun. Namun kalau diolah harga melambung hingga Rp30.000-Rp35.000.


Meski demikian talas segar yang benar-benar matang dengan ciri daging talas keabu-abuan dapat menembus harga di atas Rp50.000/ikat. Satu ikat terdiri atas 3 talas berbobot besar, di atas 500 gram, bahkan ada yang mencapai 1 kg. “Talas yang dijual ialah jenis talas ketan dan talas mentega,” ujar Dadang, pedagang talas di Kebun Raya Bogor (KRB).


Menurut Iwan di Citepus, Bogor, tak repot memelihara talas. “Yang penting  terkena eksklusif sinar matahari. Lahan juga harus gembur serta diberi pupuk sangkar biar pertumbuhan tumbuhan maksimal,” ujar pekebun talas seluas 1.000 m2 itu. Iwan rutin memperlihatkan pupuk sangkar saban 2-2,5 bulan. “Sisanya hanya menyiangi gulma,” ujarnya. Beruntung Bogor yang sohor sebagai kota hujan tak hingga memaksa Iwan sering menyiram.


Belum ada Komentar untuk "Berkebun Talas Di Bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel