15 Cara “Ampuh” Mengatasi Hama Pada Tanaman Secara Alami

Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Secara Alami



Cara mengatasi hama pada tanaman – hama sangat merugikan pada tumbuhan kita, terutama bagi petani. Tanaman yang mulanya sehat dan telah siap untuk dipanen menjadi terjangkit oleh hama dan penyakit. Namun, jangan khawatir, banyak cara untuk mengatasi beberapa serangan hama pada tanaman. Salah satunya akan kami bagikan dalam goresan pena ini mengenai cara mengatasi hama pada tumbuhan secara alami.


Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Secara Alami 15 Cara “Ampuh” Mengatasi Hama Pada Tanaman Secara Alami


Belakangan ini memang banyak tekni yang dikembangkan guna menanggulangi penyakit dan ahama di rumbuhan yang tidak harus menggunakan pestisida secara terburu-buru. Walaupun alhasil ini tidak secara cepat didapatkan contohnya ketika kita menggunakan pestisida. Akan tetapi, cara ini ialah alternatif sebagai pilihan paling baik kalau kalian ini menjaga kelestarian lingkungan hidup. Lagipula dengan menggunakan trik yang alami ini bsia mencegah kembalinya hama dan juga penyakit dengan permanen yang tidak menciptakan tumbuhan kalian menjadi resisten.


Cara mengatasi hama secara alami, diantaranya :


1. Menanam tumbuhan dengan bersamaan


Menanam dengan bersamaan ini menciptakan kita akan mencicipi panen dengan serentak. Sehingga hal ini sanggup mencegah hama serta penyakiit untuk mendapat makanan. Selain itu, dengan cara memanen dari hasil tumbuhan dengan serentak maka kita sanggup membersihkan lahan sekalian serta memusnahkan telur/ bibit penyakit dengan bertahap.


2. Menghadirkan musuh alami hama


Dalam sebuah ekosistem, penyakit dan hama ialah bab dari spesies dengan kedudukan bawah rantai makanan. Oleh alasannya ialah itu, tidak sulit menghadirkan predator ini. Kehadiran predator hama di lahan pertanian bsia membantu kita membasmi hama dengan tidak mengeluarkan banyak tenaga.


3. Membersihkan gulma


Adanya gulma ini tak hanya menghabiskan nutris tanah yang harusnya kita pakai pertumbuhan tanaman, akan tetapi banyak gulma disekeliling kita akan mengundang datangnya penyakit dan hama. Oleh lantaran itu, kalian harus rajin-rajin membersihkan terhadap gulma.


4. Mengumpulkan telur


Cara berikutnya ialah dengan dipraktekkan mengatasi dengan pengumpulan telur/ larva yang melekat di batang dan daun tanaman. Bila kalian rasa tekni ini memerlukan waktu banyak dan tenaga, maka solusinya dengan menanam perangkap jadi sanggup mengambil telur/ larva tanpa berkeliling diseluruh area lahan.


5. Memangkas daun/ batang yang terjangkit hama


Tindakan ini supaya penyakit atau hama tidak terjadi lagi. Daun/ batang yang diangkas harusnya segera dibakar supaya hama dan juga penyakit benar-benar mati.


6. Penanaman jenis tumbuhan tahan lama


Untuk sejumlah tempat yang sebagai epidermis hama dan penyakit, terdapat baiknya menanami menggunaan tumbuhan kebal ataupun resisten dengan serangan hama. Pemilihan tumbuhan cocok didaerah lahan pertanian akan sangat membantu dalam menanggulangi penyakit dan hama.


7. Penggenangan area pertanian yang telah panen


Proses tersebut dijalankan di lahan yang diserang hama dengan mempunyai fase hidup mislanya kupu-kupu. Yaitu telur kemudian larva kemudian pupa hingga dewasa. Penggerangan area pertania berfungsi supaya telur/ larva yang tersisa ketika panen ikut mmbusuk serta mati sepenuhnya.


8. Pengeringan area pertania


Berbeda dengan perlakukan hama dengan berkembang menjadi mislanya mengat/ pengerok batang, pengeringan lahan pertanian dijalankan kalau area terjangkit hama dengan bahagia berkumpul ditempat tergenang. Misalnya hama berkicot/ keong mas, kemudian lakukan pembuangan air berlebih ketika penanaman bibit sudah akhir keseluruhannya.


9. Menjalani rotasi tanaman


Rotasi tumbuhan atau dikenal dengan pergantian tumbuhan supaya bibit hama ini tidak sempat menyebar hingga populasinya terputus. Sehingga tidka mengalami kerugian yang diakibatkan penyakit/ hama.


10. Menanam pagar tanaman


Fungsi pagar tumbuhan ialah menjadi penghalang masuknya hama di area pertanian. Teknik tersebut ini cocok kalau diterapkan di lahan simpanse tak berani masuk atau sanggup juga menanam pepaya di area sawah menjadi tempat kumpulnya keong mas jadi hingga di sawah.


11. Disinfeksi tanah sebelum di tahap penanaman


Sebelum proses penanaman bibit, harusnya kalian lebih dulu mengolah lahan dan taah pertanian. Yakni dengan memperlihatkan disinfektan di media tanam sesuai dosisnya, kemudian perlakukan ini menciptakan lahan pertanian kalian supaya jauh terhadap serangan penyakit dan hama.


12. Menyelubungi buah


Proses tersebut sanggup kalian lakukan ketika buah di tumbuhan sudah berusia muda. Lalu bungkus buah menggunakan kantong plastik maupun pembungkus lainnya, penanganan ini dalam buah sanggup menekan serangan hama kutu buah hingga 100%.


13. Menaburkan bawang putih


Cara ini mempunyai kegunaan menyehatkan tumbuhan dan memberi kekebalan pada serangan penyakit dan hama. Taburkan cincangan bawang putih di sekitar tumbuhan yang sudah terjangkit sehingga perlahan hama dan penyakit akan musnah.


14. Memakai pestisida


Cara ini paling mudah dan cepat ketika mengatasi persoalan penyakit dan hama ditanaman. Akan tetapi kekurangannya kalau menggunakan pestisada berlebih sanggup menyebabkan hama resisten.


15. Memberi pengawasan berkala


Dalam membasmi hama, maka langkah yang dilarang diabaikan ialah mengawasi lahan dengan berkala. Kalian harus menjalani pengecekan minimal 2 ahad sekali guna mendeteksi adanyya telur hama/ penyakit. Dengan beginilah maka penanganan hama sanggup dikerjakan sedini mungkin.

Selain dengan sejumlah cara diatas tadi maka kalian sanggup pula memperlihatkan pupuk alami contohnya menyerupai kompos/ sangkar dan tambahan perhiasan guna meningkatkan daya tahan pad atanaman pada serangan penyakit dan hama.


Demikianlah beberapa cara mengatasi hama pada tanaman yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Kami berharap dengan adanya tulsian ini akan memberi manfaat bagi kalian yang sedang mencari ide atau acuan yang berafiliasi dengan permasalah hama dan penyakit di lahan pertanian. Terima kasih.


Baca juga:



Belum ada Komentar untuk "15 Cara “Ampuh” Mengatasi Hama Pada Tanaman Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel