Cara Budidaya Asparagus dan Cara Panennya Yang Benar

Cara Menanam Tanaman Asparagus Yang Bernilai Ekonomi



Cara Budidaya Asparagus – Dalam hal ini flora asparagus adalah salah satu flora yang mempunyai cara budidaya cukup sederhana. Maka dari itu kalian tidak perlu kaget kalau menemukan aneka macam petani yang membudidayakan flora yang satu ini. Teknik budidaya flora asparagus ada 5 tahap, yang mana awalnya dimulai dari perendaman pada potongan benih.


Cara Menanam Tanaman Asparagus Yang Bernilai Ekonomi Cara Budidaya Asparagus dan Cara Panennya Yang Benar


Tanaman asparagus ini juga banyak ditanam untuk dimanfaatkan daunnya. Tanaman ini juga biasa dijumpai ditanam di teras-teras rumah. Tanaman ini mempunyai tajuk yang tebal dan sepintas seolah-olah dengan ekor tupai. Sebelum masuk ke cara tanam asparagus kalian harus melaksanakan perendaman benih.


Perendaman dilakukan di air yang hirau taacuh dengan suhu 27 derajat celcius. Kemudian jangan lupa untuk mengganti air perendaman tersebut sebanyak 2 hingga dengan 3 kali. Hal ini penting untuk menjaga suhu serta ketersediaan oksigen yang ada pada flora ini.


Proses Persemaian Tanaman Asparagus


Kemudian cara menanam flora ini sanggup dilakukan dengan persemaian, dimana pemilihan lahan harus dilakukan lebih awal. Pilihlah lahan yang mempunyai drainase baik. Sebaiknya jangan menentukan lahan yang telah menjadi bekas penanaman flora asparagus sebelumnya, pilih tanah yang gembur, subur dan berpasir.


Buatlah pula bedengan dengan lebar 120 cm, tinggi 20 cm lalu parit yang mempunyai lebar dan kedalaman 40 cm. Semailah benih dari flora ini dengan jarak 15 x 10 cm. Kedalaman masing-masing lubang untuk penanaman adalah 2,5 cm saja. Jangan lupa setiap satu lubang ditanam dengan satu biji, diatas permukaan tanahnya harus ditutupi dengan jerami dan sekam yang lalu disekam secukupnya.


Proses perkecambahan ini sanggup berlangsung dalam waktu 2 hingga dengan 6  ahad tergantung dari suhu dan juga kelembaban yang dimiliki oleh tanah. Untuk tanah yang suhunya dibawah 20 derajat celcius, flora ini akan berkembang dengan sangat lambat.


Perawatan Tanaman Asparagus


Setelah melaksanakan penanaman diatas kalian harus tidak lupa untuk melaksanakan perawatan pada pesemaian tersebut, yang mana mencakup pencegahan flora dari hama dan juga penyakit. Ini harus dilakukan lebih awal biar tanamannya tidak terlanjur rusak nantinya. Untuk menghasilkan buah yang berkualitas kalian harus melaksanakan pemupukan pada ketika masih persemaian setiap 20 hingga 30 hari memakai pupuk urea.


Untuk sanggup memperoleh sayuran dari flora ini dengan kualitas yang baik, kalian harus melaksanakan pemeliharaan flora dengan cara yang bagus. Hal ini mencakup proses pembubunan, proses yang satu ini dimulai kira-kira sebulan sehabis proses penanaman. Lakukan proses ini sebanyak 2 hingga 4 ahad sekali, perjuangan perawatan dengan cara pemangkasan juga perlu kalian lakukan sehabis induk dari flora ini membentuk batang dengan jumlah 8 hingga dengan 10 buah. Batang selebihnya dipangkas saja. Kemudian ketika sudah mendekati masa panen batang yang dipelihara cukup 3 hingga dengan 5 batang saja.


Pemanenan Tanaman Asparagus


Tanaman asparagus ini juga sanggup dijadikan sebagai media bisnis yang sempurna untuk kalian. Perlu diketahui pula bahwa flora ini gres akan mulai sanggup dipanen kalau umurnya sudah mencapai 9 hingga dengan 9 bulan. Panen yang dilakukan nantinya sanggup dengan memotong rebung dan lalu menimbun kembali sekeliling flora ini dengan tanah atau kompos.


Cara panen dengan memotongi batang yang muda juga merupakan salah satu langkah yang terbaik. Alasan dari memotong batang yang muda ini adalah biar tidak merusak sistem perakaran flora yang nantinya akan dijadikan sebagai indukan untuk flora ini. Jika kalian memanen flora yang sudah berumur 2 hingga 4 tahun, hasil produksinya sanggup mencapai 50 kg untuk per hektarnya.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Asparagus Yang Bernilai Ekonomi sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Asparagus dan Cara Panennya Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel