Cara Budidaya Tanaman Stevia Menambah Nilai Ekonomi

Cara Budidaya Tanaman Stevia Untuk Pemula



Cara Budidaya Stevia – Untuk hal demikian ini sudah berbagai orang yang tertarik dengan bisnis pembudidayaan tumbuhan tertentu terutama Stevia. Walau sudah banyak yang pernah mendengar apa itu Stevia, namun beberapa orang belum tahu apa sih tujuan menyebarkan Stevia.


Cara Budidaya Tanaman Stevia Untuk Pemula Cara Budidaya Tanaman Stevia Menambah Nilai Ekonomi


Pada umumnya orang membudidayakan Stevia guna sebagai alternatif produk perhiasan buatan untuk makanan. Dapat dikatakan Stevia sanggup menjadi pengganti gula sintetis dan tentu tidak berbahaya bagi tubuh.


Pemeliharaan Stevia


Bila kita membicarakan mengenai cara budidaya tumbuhan Stevia, maka yang amat penting diperhatikan yaitu bagaimana kalian merawat tumbuhan tersebut. Ada tiga jenis aktifitas perawatan Stevia yang kalian harus lakukan. Yang pertama yaitu pemupukan guna menjamin proses pertumbuhan yang maksimal. Yang kedua yaitu pemangkasan dan yang ketiga yaitu pemberantasan hama penyakit yang tentu saja amat mengganggu tumbuhan Stevia kalian.


Paska Panen Daun


Selain aspek pemeliharaan kalian juga harus tahu bagaimana menangani paska panen daun. Memang sanggup dikatakan gampang dalam menangani proses panen tumbuhan Stevia tersebut namun kalian harus benar-benar tahu apa yang harus dilakukan paska panen daun. Pipilah daun yang sudah kalian panen secepatnya daun lalu dikeringkan. Keterlambatan dalam proses pemipilan akan kuat pada tingkat kemanisan Stevia tersebut tentunya.


Tips Pengeringan Daun Stevia


Bila diperhatikan mengenai teknik budidaya Stevia, banyak yang bermasalah dengan bagaimana cara melaksanakan proses pengeringan yang benar terhadap daun Stevia tersebut. Tips yang pertama yang sanggup kalian gunakan yaitu dengan menentukan terlebih dahulu daun yang hendak dikeringkan. Potonglah dahan yang mempunyai tinggi sekitar 10 cm lalu panen daunnya. Jangan menentukan daun yang telah terkotori pestisida tentunya.


Perlu Pembersihan Daun


Walau proses dan cara tanam Stevia tergolong mudah, pengeringan daun sanggup menjadi problem bagi banyak orang. Sebelum dilakukan proses pengeringan, perlu diperhatikan pula mengenai pencucian daun yang hendak dikeringkan. Cuci secara higienis daun Stevia dengan memakai air yang higienis pula. Tujuannya yaitu untuk memastikan tidak adanya pestisida yang tercampur pada daun tersebut.


Gunakan Kain Bersih Atau Handuk


Setelah kalian melaksanakan pencucian terhadap daun Stevia, kalian perlu memakai kain bersih, tisu atau handuk guna mengeringkan daun tersebut dari air sisa pembersihan. Walau banyak orang yang hanya melaksanakan penirisan, hal tersebut memerlukan waktu yang usang sehingga kain atau handuk sanggup menjadi pilihan paling tepat. Memang hal ini sepele jikalau dibandingkan cara menanam Stevia akan tetapi dihentikan dihiraukan.


Penjemuran Daun


Setelah memastikan bahwa daun Stevia yang kalian basuh tadi tidak menyisakan air sama sekali, yang perlu kalian lakukan berikutnya yaitu dengan menjemur daun-daun tersebut dibawah sinar matahari secara langsung. Kalian harus tahu berapa usang durasi yang dianjurkan dalam menjemur daun Stevia dibawah sinar matahari dan waktu yang sempurna untuk menjemur guna memastikan proses pengeringan berjalan secara maksimal, selanjutnya nanti akan dibahas bercocok tanam Stevia.


Tips Bercocok Tanam Stevia


Kalian juga harus benar-benar mengerti bagaimana cara penanam Stevia yang benar guna memastikan proses pertumbuhan berjalan secara maksimal. Satu hal yang paling signifikan untuk dipertimbangkan yaitu mengenai kondisi lahan yang kalian punya untuk menanam Stevia. Pastikan lahan tersebut subur dan jikalau perlu belilah pupuk yang berkualitas.


Pemilihan Bibit Stevia


Selain faktor kualitas lahan dan juga bagaimana kalian merawat Stevia kalian, yang harus diperhatikan berikutnya yaitu mengenai menentukan bibit Stevia yang berkualitas. Kalian sanggup dengan eksklusif bertanya kepada penjual bibit Stevia mengenai kualitas yang terbaik yang sanggup kalian peroleh. Namun kalian perlu mengeluarkan uang lebih jikalau ingin mendapat kualitas bibit yang terbaik, anggap saja pengeluaran tersebut sebagai investasi.


Potensi Pasaran Stevia


Dalam proses budidaya tumbuhan Stevia, banyak dari kalian yang bertanya-tanya perihal potensi apa yang sanggup kalian peroleh bukan ?? pada kenyataannya semakian banyak seruan akan daun Stevia alasannya memang terbukti sanggup dijadikan produk pengganti perhiasan sintetis dipasaran dengan harga lebih terjangkau dan kualitas yang lebih sehat tentunya.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Stevia Menambah Nilai Ekonomi dapat berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Stevia Menambah Nilai Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel