Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan

Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan



Cara Budidaya Keong Mas – Dalam hal ini keong mas tanpa diduga ternyata merupakan produk yang sangat laku di pasar ekspor menyerupai Jepang dan Eropa, selain laku elok di Indonesia dan ini mungkin salah satu penyebab kenapa budidaya keong mas kian marak belakangan ini.


Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan


Di Indonesia sendiri, keong mas biasa dihidangkan salam sajian sate keong maupun dimasak dengan bumbu pedas dan ternyata, binatang yang dulu hanya dikenal sebagai hama perusak tumbuhan ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.


Keong mas mengandung omega 3,6, serta 9 dan selain itu binatang yang satu ini juga mengandung protein tinggi. Jika kalian tertarik untuk mengembangbiakkan keong mas baik untuk kepentingan dijual maupun konsumsi pribadi, nah berikut ini cara budidaya keong mas yang sanggup kalian coba.


Pembuatan Wadah Tempat Keong Mas Dibudidayakan


Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam membudidayakan keong mas yakni menciptakan wadah untuk membudidayakan keong tersebut. Kalian bisa menciptakan wadah dengan cara menciptakan bak tanah namun, kalau kalian ingin menciptakan bak buatan, kalian juga bisa mencoba menciptakan bak dari terpal atau fiber. Jangan lupa juga untuk menutup wadah dengan jariing atau papan, jadi keong tidak kabur dan serangga tidak masuk ke wadah.


Selain itu, alasannya ialah pemeliharaan keong mas bisa menjadikan busuk yang sangat amis, usahakan untuk menciptakan wadah tersebut jauh dari rumah serta akrab dengan sumber air supaya kalian bisa mengganti air dalam wadah dikala diperlukan. Selain itu pastikan bahwa air tidak terlalu tinggu mengingat keong mas akan naik ke permukaan dan menempatkan telurnya di daerah yang tidak berair. Kalian juga bisa menancapkan beberapa tongkat kayu diatas bak yang nantinya akan dipakai keong mas kalian untuk menempatkan telurnya.


Pemilihan Indukan Dan Pemberian Makan


Selain cara pembuatan wadah, teknik beternak lain yang wajib kalian kuasai dikala hendak membudidayakan keong mas yaitu teknik menentukan indukan. Kalian bisa mendapat indukan keong mas di empang, persawahan, danau, maupun kali irigasi. Pastikan untuk menentukan indukan yang berukuran paling tidak 4 cm alasannya ialah semakin besar indukan yang kalian ambil, semakin banyak telur yang bisa dihasilkan dan bahkan bisa mencapai ratusan.


Hal penting lain dalam cara beternak keong mas yaitu proteksi makan. Pakan keong mas mencakup daun-daunan lunak menyerupai daun sawi, daun selada, maupun daun eceng gondok dan lain sebagainya. Pastikan untuk memberi makan keong mas kalian 3-4 kali sehari alasannya ialah kalau hingga kekurang pakan, keong mas bisa mati. Sementara itu, untuk cara ternak keong mas yang gres saja menetas, makanannya agak berbeda yaitu alga lumut atau materi organic yang sudah dihancurkan degan sangat halus.


Pemanenan Keong Mas


Setelah membudidayakan keong mas untuk rentang waktu yang cukup lama, kalian bisa memanen keong mas kalian dan waktu pemanen bisa bervariasi alasannya ialah pertumbuhan keong mas tergantung pada suhu dan jumlah asupan pakan. Dalam memanen keong mas kalian bisa melakukannya secara keseluruhan maupu secara parsial.


Jika kalian menentukan untuk memanen keong mas kalian secara parsial, kalian bisa memanen keong yang sudah berukuran besar saja sementara yang masih kecil dibiarkan untuk dipakai seagai bibit dan dipanen pada kesempatan panen selanjutnya. Satu hal yang penting dalam teknik budidaya keong mas yang wajib kalian ketahui selain cara-cara diatas yaitu kalian dilarang memberi garam pada wadah atau bak keong mas kalian alasannya ialah keong mas akan mati kalau terkena garam.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan sanggup berkhasiat dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel