Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi

Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi



Cara Budidaya Kayu Manis – Dalam hal ini sekarang sudah cukup banyak orang yang berminat untuk membudidayakan tumbuhan kayu anggun sebab kayu anggun mempunyai nilai jual yang cukup tinggi khususnya di pasar luar negeri. Tanaman yang termasuk tumbuhan rempah ini merupakan salah satu komoditas ekspor utama Indonesia yang dikirim ke luar negeri. Peranannya sebagai salah satu pengahasil devisa negara mendorong banyak pemilik kebun kayu anggun senantiasa meningkatkan kualitas tumbuhan kayu manisnya.


Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi


Tahap Pemilihan Bibit Tanaman Kayu Manis


Baik tidaknya kualitas tumbuhan kayu anggun tentunya akan dipengaruhi oleh spesies, teknik budidaya kayau anggun itu sendiri, pemanenan dan perawatan pasca panen. Umumnya belum semua pemilik perjuangan kayu anggun mengetahui bagaimana cara membudidayakan tumbuhan kayu anggun secara benar dan tepat semoga alhasil pun lebih optimal. Nah berikut ini ialah warta yang menarik dan bermanfaat seputar teknik budidaya kayu manis.


Media Tanam Tanaman Kayu Manis


Pada umumnya tumbuhan kayu anggun akan tumbuh baik pada tanah yang subur dan gembur dengan sistem pengairan yang baik. Seperti halnya dengan jenis tumbuhan pada umumnya, tumbuhan kayu anggun juga akan tumbuh dengan subur jikalau ditanam di media tanah yang kaya akan materi organik.


Adapun tiga jenis tanah yang baik untuk dijadikan sebagai media penanaman tumbuhan kayu anggun antara lain tanah organosol, tanah latosol dan tanah andosol. Kemudian sebaiknya kalian tanam tumbuhan kayu anggun di tempat yang beriklim lembeb dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun “jumlah curah hujan sekitar 2000-2500 mm/tahun” dan suhu harian sebaiknya sekitar 19-23,3 derajat celcius.


Teknik Pembenihan Tanaman Kayu Manis


Kemudian untuk penbenihan sebaiknya kalian pilih benih yang berasal dari induk tumbuhan kayu anggun pilihan yang sehat, pertumbuhannya normal, berumur lebih dari 7 tahun, tahan penyakit dan mempunyai nilai hemat yang baik. Benih tumbuhan kayu anggun yang unggul biasanya ciri-ciri warna biru kehitaman dan telihat masak sempurna. Benih sanggup diambil dari biji  tumbuhan kayu anggun yang jatuh dari pohon kayu manis.


Jika kalian mengalami kesulitan mendapat benih tumbuhan kayu anggun sekarang kalian sanggup memesan benih-benih tumbuhan kayu anggun di sentra-sentra produksi terdekat. Karena biji kayu anggun gampang mati dan sulit untuk berkecambah, kalian harus berilmu dalam hal penyimpanan, pengemasan dan pengangkutan benih-benih tumbuhan kayu manis. Agar tetap bertahan lama, sebaiknya benih tumbuhan kayu anggun tidak disimpan di tempat penyimpanan yang bersuhu 27-28 derajat celcius.


Pembibitan Tanaman Kayu Manis


Benih-benih terbaik tumbuhan kayu anggun sanggup kalian tanam ditanah lapang yang sudah disediakan khusus sebagai media pembibitan. Kalian juga sanggup menanam benih-benih tumbuhan kayu anggun di polibag. Ada beberapa kriteria lokasi pembibitan yang baik yaitu lokasi yang bersahabat dengan sumber air, bersahabat jalan, bersahabat dengan tempat penanaman dan lokasi yang bertanah subur.


Sebelum tanah ditanami benih-benih tumbuhan kayu manis, cangkul tanah terlebih dahulu sedalam 20-30 cm lalu tanah digaru, dihaluskan dan dibersihkan dari banyak sekali jenis tumbuhan sisa yang masih melekat pada tanaman. Tanah yang sudah gembur dan halus lalu dicampur dengan pupuk kandang. Kalian perlu menciptakan bedeng yang memanjang yang berukuran lebar sekitar 1-1,2 meter dan dengan panjang yang menyesuaikan panjang lapangan atau polibag.


Teknik Drainase Pada Bedeng


Buat parit drainase pada setiap bedeng semoga kalian gampang menanam, menyiram, dan memindahkan bibit tumbuhan kayu manis. Lebar parit drainase yang kalian buat berkisar 30 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm. Pada serpihan atas media penyemaian kalian lapisi tanah setebal 5 cm. Langkah yang terakhir yaitu penanaman biji tumbuhan kayu anggun dengan jarak tanam sekitar 5 cm. Jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin semoga kebutuhan air pada tumbuhan kayu anggun tercukupi dengan baik.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kayu Manis Yang Bernilai Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel