Cara Budidaya Burung Puyuh Petelur Yang Menguntungkan

Cara Berternak Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur



Cara Budidaya Puyuh Petelur – Dalam hal ini telur burung puyuh yang mungil sangatlah digemari oleh banyak orang. Dalam pengelolaan telur burung puyuh di dalam dunia masakan juga sangat bermacam-macam dan menggugah selera. Namun suplai telur puyuh tidak akan terpenuhi apabila tidak ada orang yang berternak dan memelihara burung puyuh yang khusus untuk diambil telurnya. Tingginya seruan pasar terhadap telur burung puyuh menciptakan budidaya puyuh petelur menjadi satu hal yang menjanjikan untuk dikelola lebih lanjut.


Cara Berternak Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur Cara Budidaya Burung Puyuh Petelur Yang Menguntungkan


Mempersiapkan Kandang Burung Puyuh


Setiap orang yang berminat untuk menjadi peternak burung puyuh harus sanggup menyiapkan satu unit sangkar utama yang akan menjadi kawasan dimana banyak sekali sangkar burung puyuh ditempatkan. Di dalam cara ternak yang benar harus ada sangkar utama ini akan terdapat sangkar untuk puyuh yang sudah siap untuk bertelur dan puyuh yang masih perlu untuk dirawat dan dipelihara hingga siap bertelur. Calon peternak juga perlu untuk memperhatikan kawasan yang akan dijadikan kawasan pembuangan kotoran burung puyuh supaya tidak menjadi sumber basi yang kurang menyenangkan bagi lingkungan sekitar.


Memperhatikan lokasi sangkar juga penting untuk diperhatikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kotoran burung puyuh sanggup menjadi problem bagi lingkungan sekitar alasannya basi tidak sedap yang ada. Maka dari itu sangatlah penting untuk sanggup menentukan lokasi sangkar utama burung puyuh jauh dari pemukiman. Selain itu sangkar yang baik untuk dipakai dalam cara budidaya burung puyuh haruslah terjaga suhunya yaitu berkisar pada 20 derajat celcius hingga 25 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 30% hingga 80%.


Saluran air dan suplai listrik juga sangat penting untuk diperhatikan. Kandang burung puyuh membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan menjaga suhu kandang. Di dalam cara beternak burung puyuh yang benar, selama animo penghujan diharapkan lampu 25 hingga 40 watt di siang hari dan 40 hingga 60 watt di malam hari. Ukuran dan tata letak untuk sangkar juga perlu untuk diperhatikan, tata letak yang baik sebaiknya mendapat sinar matahari pagi untuk mengurangi kelembapan kandang.


Memilih Bibit Burung Puyuh


Hal berikutnya yang diharapkan untuk beternak burung puyuh tentu saja yakni burung puyuh itu sendiri. Di dalam beternak akan ada dua pilihan utama untuk bibit burung puyuh yaitu bibit yang dikembangkan sendiri dan bibit yang dipesan dari peternak lain.


Untuk langkah awal memesan bibit burung puyuh memang menjadi jalan satu-satunya. Bibit burung puyuh sanggup dipesan sesuai dengan umur yang diinginkan oleh peternak. Ada juga alternatif untuk melaksanakan pembibitan sendiri namun ini hanya sanggup dilakukan jikalau peternakan sudah berjalan dengan baik.


Memberi Pakan Pada Burung Puyuh


Di dalam teknik budidaya burung puyuh, pakan untuk burung puyuh perlu diperhatikan. Burung puyuh yang belum cukup umur dan masih perlu proses pertumbuhan sebaiknya diberi pakan stater yang memang diperuntukkan untuk burung-burung puyuh muda.


Sementara itu untuk burung-burung yang sudah cukup umur dan siap bertelur, maka sebaiknya diberikan pakan layer. Memberikan pakan pada burung puyuh yang diternakkan menjadi satu hal penting yang dihentikan dilewatkan.


Dalam teknik beternak burung puyuh yang benar, pakan yang diberikan haruslah sesuai dengan usia burung puyuh dan untuk burung yang masih belum dewasa, ada baiknya untuk tidak menghemat makanan yang sudah seharunya diberikan. Makanan burung juga sebaiknya selalu diberikan setiap waktu dengan sempurna alasannya keterlambatan memberi makanan akan berakibat tidak baik.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Puyuh Petelur Yang Bernilai Ekonomi sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa di postingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Burung Puyuh Petelur Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel