Cara Budidaya Srikaya di Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Pohon Srikaya Agar Cepat Berbuah



Cara Budidaya Srikaya – Dalam teknik budidaya srikaya hal pertama yang kalian harus ketahui cara yang sempurna untuk pembibitan srikaya supaya bisnis budidaya kalian menguntungkan. Untuk cara budidaya srikaya terdapat dua cara untuk pembibitannya yakni dengan cara generatif dan perbanyak vegetatif.


Cara Menanam Pohon Srikaya Agar Cepat Berbuah Cara Budidaya Srikaya di Pot Agar Cepat Berbuah


Dan bekerjsama cara tanam srikaya sanggup ditanam pribadi dari biji buah yang anggun akan tetapi dalam perbanyakan dengan biji srikaya akan mengalami pemecahan sifat alasannya ialah biji srikaya yang bersifat heterozigot. Oleh alasannya ialah itu penanaman dengan biji dari buah yang anggun ada kemungkinan akan mengasilkan buah yang tidak manis.


Cara Perbanyakan


Karena menanam dengan biji alhasil tidak pasti, sebaiknya kalian bercocok tanam srikaya dengan teknik vegetatif yakni menyerupai okulasi, sambungan dan cangkok. Cara menanam yang sempurna ialah sebagai berikut. Biji bekerjsama tetap ditanam akan tetapi hanya sebagai pembentuk populasi dalam pemuliaan atau perbaikan varietas dan juga sebagai batang pokok dalam perbanyakan secara vegetatif. Biji tetap sanggup ditanam namun cuman sebagai pohon utama. Setelah pohon cukup besar dilakukan perbanyakan vegetatif. Cabang yang dipakai dalam teknik vegetatif mempunyai kualitas sama dengan tumbuhan induknya.


Ciri-Ciri Bibit Vegetatif


Memiliki sifat sama bahkan identik dengan induknya, lalu cepat menghasilkan buah. Jika hanya dengan biji, pohon gres akan berbuah pada umur 4-5 tahun. Sedangkan kalau dengan bobot vegetatif akan berbuah pada umur 3-4 tahun saja. Akar tunggang juga sama besar lengan berkuasa kecuali untuk bibit cangkok alasannya ialah berakar tunggang palsu, lalu ialah proses penanaman.


Proses Penanaman Srikaya Unggul


Nah berikut ialah langkah untuk penyiapan bibit batang bawah dari biji srikaya untuk persemaian. Pertama ambillah biji dari buah yang sudah matang pohon atau sudah tua. Kemudian basuh biji dan anginkan di daerah persemaian. Jangan hingga terkena sinar matahari secara pribadi alasannya ialah akan gampang mati untuk perawatan.


Kemudian tanamlah biji memakai media ditempat persemaian sesudah biji sudah kering. Untuk media tumbuh terdiri dari pupuk sangkar dan adonan tanah dengan perbandingan 1 : 1, pastikan kelembaban bibit di persemaian kalian jaga dengan baik.


Setelah tumbuh setinggi 5-10 cm pindahkan ke dalam polibag, untuk polibag mempunyai diameter 20 cm. Media persemaian polibag memakai adonan tanah dan juga kompos perbandingan 1 : 1 atau pupuk sangkar dan tanah perbandingan 1 : 2. Buanglah bibit yang tumbuh tidak normal menyerupai kerdil, bibit batang bawah dari biji akan siap dilakukan perbanyakan vegetatif sesudah berumur 6-12 bulan.


Sambungan Pucuk


Pastikan kalian sudah menyiapkan cabang entris dari pohon induk yang berbuah lebat dan unggul dan diambil dari cabang yang daun pucuknya mendekati renta bukan yang muda. Setelah batang bawah siap, potong batang bawah pada ketinggian 10-20 cm.


Kemudian belah batang bawah sedalam 3 cm dari permukaan dengan silet atau pisau yang tajam. Potong cabang entris intinya dan beri sisa 5-15 cm dari titik tumbuh di ujung cabang. Sayat dua sisi berhadapan pada cabang entris hingga berbentuk biji atau pahat sepanjang 3 cm. Sisipkan entris pada bijinya ke dalam celah batang bawah sehingga kedua sisi sayatan saling bersinggungan, lalu tutup dengan sangkup.


Setelah tampak tunas buka sangkupnya, jaga kondisi supaya tetap lembab supaya pertumbuhan normal dari bekas luka tersebut. Untuk mengurangi penguapan kurangi daun pada batang entris. Letakkan bibit tersebut di daerah terbuka selama satu ahad supaya menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Tanaman bibit sambungan tersebut di lahan kalau mencapai ketinggian 70-100 cm, lalu kalian harus memelihara bibit supaya tumbuh dengan baik.


Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Srikaya Agar Cepat Berbuah sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, hingga jumpa dipostingan berikutnya.


Baca Juga:



Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Srikaya di Pot Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel