Bawang Lanang: Begini Proses Tumbuhnya

Bawang lanang sejatinya bawang putih, tetapi lantaran banyak sekali penyebab ia tidak sanggup tumbuh membentuk umbi bawang yang tersusun dari 10-15 siung. Ia tumbuh tunggal. Dugaannya lantaran bibit yang ditanam menekan pembentukan tunas-tunas bakal siung.


Penyebutan lanang (Jawa: lelaki) seringkali digunakan mengacu kepada kondisi tertentu di umbi atau biji dengan kriteria tunggal, lingkaran dan tidak terbelah. Contoh di luar bawang lanang ialah kopi lanang yang mempunyai biji lingkaran agak besar dan tidak terbelah. Sebab lahir dengan kondisi tertentu, kehadiran komoditas dengan pemanis lanang sangat sedikit.


Penelitian terbentuknya bawang lanang nyaris tidak ada. Sartono, peneliti bawang di Balitsa Lembang, Jawa Barat, pernah melaksanakan riset dengan menanam umbi lapisan pertama, selanjutnya umbi lapis kedua dan umbi lapis ketiga bawang lanang.


Hasilnya? Setelah 12 pekan dipelihara umbi lapis pertama yang ditanam menghasilkan 100% umbi bawang putih. Umbi lapis kedua menghasilkan 95% umbi bawang putih dan 5% bawang lanang serta pada umbi lapis ketiga persentase kehadiran bawang lanang mencapai 90%.


Apa lantaran umbi dilapis ketiga menghasilkan persentase lebih besar? umbi lapis ketiga mempunyai cadangan makanannya sangat terbatas untuk tumbuh. Sebab terbatas itu umbi akan menekan pembentukan umbi gres lain biar menerima asupan nutrisi cukup. Namun lantaran sedari awal ia ditanam dengan kondisi kekurangan, ukurannya tidak sanggup besar, kira-kira sebesar kelereng, dikala dipanen.


Di Eropa yang mempunyai iklim 4 musim, persentase kehadiran bawang lanang sanggup di atas 95%. Kok bisa? Umbi yang ditanam di sana sanggup hingga mengeluarkan bulbil. Bulbil merupakan hasil translokasi fotosintesis yang semestinya menjadi jatah bunga, tapi lantaran faktor suhu dan panjang sinar matahari beralih menjadi umbi. Satu tanaman sanggup menghasilkan 30-300 bulbil. Bulbil-bulbil itu yang ditanam hingga menjadi bawang lanang dan dipanen 3-4 bulan kemudian.


Belum ada Komentar untuk "Bawang Lanang: Begini Proses Tumbuhnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel