Buah Ara Dan Lebah: Duet Sejati

 Namun ada kisah menarik seputar pohon ara Buah Ara Dan Lebah: Duet Sejati


Kenal pohon ara alias ficus? Itulah keluarga beringin-beringinan. Namun ada kisah menarik seputar pohon ara. Sejatinya flora ara bergantung kepada lebah untuk kelangsungan hidupnya.


Apa karena pohon ara bergantung kepada sang lebah? Tidak ibarat tumbuhan lain yang lebih praktis diserbuki karena posisi bunga jantan atau betina praktis dijangkau binatang polinator alias penyerbuk, bunga pada pohon ara tersembunyi di dalam buah.


Belum lagi masa matang buah jantan dan betina berbeda meski satu rumah. Sebab itu ficus membutuhkan tugas lebah untuk mengantar bunga jantan masak kepada bunga betina masak di buah ficus lainnya.


Hubungan bersahabat ara dan lebah itu sudah berlangsung lebih dari sembilan puluh juta tahun. Istimewanya lagi setiap spesies ara hanya diserbuki oleh satu spesies lebah. Bila ketika ini di dunia tercatat 750 spesies pohon ara, artinya terdapat 750 spesies lebah berbeda.


Simon von Noort dari Iziko South Africa Museum di Afrika Selatan menyebutkan ketika ini gres teridentifikasi 300 spesies lebah sebagai binatang penyerbuk pohon ara. Contoh Ficus tremula yang diserbuki oleh lebah Courtella wardi dan Ficus sus oleh lebah Ceratosolen capensis. Hubungan spesifik itu berdasarkan Simon untuk mencegah hibridisasi antarficus.


Buah ara masak hasil pembuahan selanjutnya akan mengeluarkan bacin memikat yang akan mengundang satwa liar ibarat burung, kelelawar, dan kera tiba untuk memakannya. Mereka itulah yang akan memencarkan ara yang kaya karbohidrat dan air itu ke banyak sekali daerah sehingga membuat ekosistem sendiri.


Belum ada Komentar untuk "Buah Ara Dan Lebah: Duet Sejati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel