Kayu Balsa Naik Daun

Kayu balsa digadang-gadang menjadi kayu masa depan karena pertumbuhannya dapat lebih cepat daripada sengon dan jabon yang dikala ini marak dibudidaya. Dalam 3-4 tahun, diameter pohon balsa mencapai 30 cm dengan tinggi lebih dari 20 meter.


Bandingkan dengan primadona kayu cepat tumbuh lain, ibarat sengon dan jabon. Keduanya perlu 5 tahun untuk mencapai ukuran sama. Wajar karena riap tumbuh kayu balsa Ochroma pyramidale itu mencapai 7,5 cm per tahun, sedangkan jabon dan sengon masing-masing hanya 4,2 cm dan 4,1 cm per tahun.


Penanaman balsa dapat monokultur maupun tumpangsari. Jarak tanam ideal tanpa penjarangan yaitu 6 m x 2 m. Namun, kalau menanam pada jarak 3 m x 3 m antartanaman, lakukan penjarangan secara teratur supaya pertumbuhan maksimal.


Sampai dikala ini usul balsa di luar negeri juga cukup banyak. Beberapa perusahaan lokal mulai mengekspor kayu balsa ke Jepang, Cina, Inggris, Amerika, Timur Tengah, dan Eropa. Sebanyak 80-90% pasokan kayu balsa dunia dikala ini berasal dari Ekuador, Bolivia, Brasil, dan negara Asia tropis, termasuk Indonesia.


Belum ada Komentar untuk "Kayu Balsa Naik Daun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel