Minyak Jarak Pelumas Masa Depan

Minyak jarak Richinus communis istimewa. Pada suhu 120 derajat Celcius minyak itu tetap kental dan tak terurai. Pada suhu rendah, minus 18 derajat Celcius, minyak tetap masih cair.


Minyak jarak mempunyai bobot jenis, viskositas, bilangan asetil dan kelarutan alkohol yang tinggi. Bobot jenis merupakan perbandingan bobot zat di udara dengan air. Semakin tinggi bobot jenis, maka minyak tidak gampang menguap. Viskositas atau kekentalan zat cair pada gaya gravitasi, semakin tinggi viskositas kian kental minyak pada proses penipisan.


Bilangan asetil merupakan jumlah gugus hidroksil bebas dalam minyak, semakin tinggi gugus hidroksil semakin kental minyak. Adapun tingginya kelarutan alkohol mengatakan banyaknya larutan asam lemak yang larut pada minyak jarak.


Minyak jarak yang disebut minyak kastor juga kaya asam lemak tak jenuh yang mengandung gugus hidroksil, sering disebut asam risinoleat. Kandungan asam lemak tak jenuh itu meningkatkan viskositas minyak jarak.


Selain itu, minyak jarak juga stabil pada suhu rendah dan tetap berbentuk cair pada suhu minus 18 derajat Celcius. Itu memangkas biaya operasisonal alasannya yaitu industri tak perlu memanaskan sebelum pencanaian.


Sebab istimewa itu minyak jarak yang tetap kental pada suhu tinggi dan tetap cair pada suhu rendah, itu berpotensi sebagai materi dasar pelumas otomotif. Sebelum dipakai sebagai pelumas tahan panas, minyak jarak melalui empat tahap yaitu penghilangan gum, netralisasi, pemucatan, dan deodorisasi. Proses penghilangan gum bertujuan menghilangkan gum yang terdiri dari protein, fosfatida, dan resin tanpa mengurangi asam lemak bebas di minyak.


Proses netralisasi menetralkan asam lemak bebas dan menghilangkan gum yang masih tertinggal. Zat warna, asam, dan sisa gum hilang dikala proses pemucatan. Proses deodorisasi memisahkan komponen yang menyebabkan bau menyerupai aldehida dan keton. Pemurnian minyak jarak itu menghasilkan 4 jenis minyak dengan kemurnian berbeda, yakni degummed castor oil (DCO), refined castor oil (RCO), refined bleaching castor oil (RBCO), dan refined bleached deodorized castor oil (RDBCO).


Belum ada Komentar untuk "Minyak Jarak Pelumas Masa Depan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel