Maskoki Berkualitas Ala China (1)

Maskoki bersosok badan seragam bundar telur, dan warna cemerlang. Itulah citra maskoki hasil penangkaran di China. Diakui, Cassius auratus mereka berkualitas tinggi.


Wajar maskoki-maskoki asal China menjadi incaran aneka macam hobiis. Dari sekadar dipelihara di akuarium sampai benar-benar serius ditangkarkan. Sejak zaman Dinasti Jin sampai masa kini, maskoki, dijadikan satwa kelangenan. Embel-embel sebagai ikan hoki pun menempel di China.


Di era Dinasti Ming maskoki ditangkarkan secara tradisional. Induk yang diandalkan menyerupai ikan mas kini ini menyerupai jenis black carp, golden carp, red-white carp, dan yellow-black carp. Melalui proses mutasi selama berpuluh-puluh era kemudian disilangkan, lahir maskoki menyerupai dikenal ketika ini, dengan bentuk dan corak yang jauh lebih indah.


Cara beternak modern dengan administrasi maju mulai dilakukan menjelang era 20. Banyak farm besar berdiri dengan luas mencapai 3-8 hektar menyerupai Tung Hoi Aquarium Co. Ltd dan Ocean Aquarium di Dangguan, Guangzhou, Provinsi Guandong, Cina Selatan.


Di negeri Tirai Bambu, penangkaran maskoki berkualitas dilakukan di kolam-kolam terbuka beratap langit. Hal sama juga dipraktekkan oleh peternak di tanah air. Rata-rata ukuran kolam beragam. Dari ukuran 5 m x 3 m; 2 m x 2 m; 10 m x 4 m berkedalaman 30-60 cm dan ketebalan dinding 10 cm.


Setiap farm juga memiliki 2-3 kolam raksasa. Minimal seukuran tambak udang berukuran 20 m x 10 m, dengan kedalaman mencapai 80-120 cm. Ukuran kolam memang diadaptasi dengan fungsinya. Kolam berukuran 2 m x 2 m contohnya digunakan daerah pemijahan. Yang lain berturut-turut untuk daerah penyortiran, pendederan, dan pembesaran.


Kolam-kolam itu dibangun permanen. Bagian dalam kolam diplester halus. Khusus kolam pembesaran, ada yang diplester, tapi ada beralas lumpur dan berdinding tanah. Setiap kolam pembesaran sanggup menampung 50-400 ekor maskoki tergantung ukuran. Contoh kolam 5 m x 3 m dimuati 50-60 ekor berukuran panjang badan 5-6 cm. Yang menarik, kolam-kolam didesain sedemikian rupa, sehingga sirkulasi air berlangsung lancar.


Di Tung Hoi Aquarium, setiap kolam dibentuk berdempetan membujur menyerupai lajur-lajur. Di atas setiap lajur dipasang kanal air selebar 30 cm dan kedalaman 20 cm. Saluran itu dibiarkan terbuka atau tertutup. Pada kanal terdapat 1 lubang berdiameter 5 cm yang ditambahkan paralon berbentuk L. Ia berfungsi mengucurkan air dari kolam filter. Saluran air lebih tinggi sekitar 0,5-1 meter daripada tinggi dinding kolam dengan posisi agak menurun sehingga air dari bak-bak filter mengalir ke kolam memanfaatkan gaya gravitasi.


Belum ada Komentar untuk "Maskoki Berkualitas Ala China (1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel