Gaya Maut Pukulan Cupang Adu

 Jenis pukulan tersebut sangat berbahaya kalau dikombinasi tenaga berpengaruh dan gigi tajam Gaya Maut Pukulan Cupang Adu


Senjata andalan cupang berkelahi selama 30 tahun ini masih tetap mbrebet macul. Jenis pukulan tersebut sangat berbahaya kalau dikombinasi tenaga berpengaruh dan gigi tajam.


Pukulan mbrebet macul diawali oleh pukulan menombak berkali-kali ke tubuh musuh. Gaya itu menyerupai mencangkul. Sisik lawan pun dipastikan somplak.


Rentetan pukulan diakhiri dengan gigitan keras ke tubuh musuh sembari menawarkan dorongan kuat. Begitu lawan terdorong, cupang buru-buru mengait sisi yang tergigit. Tiba-tiba disentakkan dan lawan bakal lari menjauh.


Cupang berkelahi impor disegani rata-rata mempunyai senjata pamungkas itu. Melirik sejarah cupang berkelahi pada 1980-an, gres cupang berkelahi dari Singapura yang berciri mbrebet macul. Belakangan pada 1990-an, cupang berkelahi dari Ipoh, Malaysia mulai bergaya serupa dan diikuti cupang berkelahi dari Pulau Penang pada 2000.


Pukulan mbrebet macul merupakan perpaduan dari pukulan klasik nombak sentak, nombak brebet, dan nombak seri. Jenis pukulan nombak sentak dimiliki oleh cupang berkelahi tipe tarung fighter. Pukulan dilontarkan menyerupai melempar tombak, lurus dan terarah serta mematikan. Lawan digigit kemudian disentak menyerupai memotong buah dari tangkai.


Pukulan nombak mbrebet menyerupai dengan nombak sentak. Tetapi disaat menggigit, cupang akan mendorong dan mengguncang tubuh lawan yang digigit. Pukulan nombak seri dianut oleh cupang bertipe tarung slugger. Pukulan tiba bertubi-tubi meskipun seringkali arahnya tidak jelas. Ketiga jenis pukulan itu sanggup disatukan dengan menyilangkan pejantan dan betina yang berjenis pukulan berbeda.


Cupang berkelahi dengan senjata mbrebet macul mempunyai tubuh tipis, semi silinder, dan kepala berukuran sedang. Ia pun mempunyai bentuk ring bibir tebal, sedikit terbuka menyerupai bibir ikan oscar. Tubuh tipis itu bukan hasil latihan atau diet dengan mengurangi porsi pakan, tapi warisan menyerupai cupang slugger atau cupang berkelahi dari spesies Betta imbillis.


Spesies Betta imbillis yang berdasi merah panjang, dikenal lincah bertarung, gesit, dan bergigi tajam. Namun, tenaga pukulan dan sisik tidak sekeras spesies Betta smaragdina yang berdasi pendek hitam. Jenis ini terkenal sebagai cupang berkelahi belgi yang bermental baja.


Cupang berkelahi mbrebet macul sanggup muncul dari silangan ke-2 spesies tersebut. Pasalnya, tubuh menyerupai Betta imbillis tapi berdasi kombinasi merah hitam. Corak pada sirip itu serupa Betta smaragdina. Wajar kalau ia dipanggil cupang berkelahi serat belgi. Namun, tak serta merta seluruh cupang berkelahi serat belgi mempunyai pukulan mbrebet macul sebab pukulan itu diturunkan dari ke-2 induk sebelumnya.


Belum ada Komentar untuk "Gaya Maut Pukulan Cupang Adu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel